Home Warta Ekonomi

Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Natal dan Tahun Baru

57
(ki-ka) Executive Vice President West Area Sales Telkomsel Agus Setia Budi, Vice President Network Operation and Quality Management Area Sumatera Telkomsel Iswandi, dan Vice President Consumer Sales Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung menunjukkan Point of Interest (POI) di Area Sumatera selama momen Natal dan Tahun Baru (Naru), Pekanbaru, Jumat (16/12/19). (F: IST/Barakata.id)

Barakata.id, Batam – Telkomsel Area Sumatera menyatakan siap menghadapi lonjakan trafik pada momen liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Saat ini, Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya.

Telkomsel menyiapkan 6 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS yang dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Hal itu untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi.

Executive Vice President Telkomsel West Area, Agus Setia Budi mengatakan, secara khusus, Telkomsel Area Sumatera telah membangun 6791 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru serta penambahan kapasitas di 6847 existing BTS LTE. Itu setara dengan penambahan kapasitas bandwidth hingga 2,25 Tbps untuk menghadirkan layanan broadband yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Baca Juga : Dari Batam, Telkomsel Sebar Tsunami Teknologi 5G ke Nusantara

Optimalisasi jaringan juga telah dilakukan di 150 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru seperti objek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mal dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol Trans Sumatera dan bandara yang beroperasi.

“Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan menjadi momen pelanggan kami di Sumatera untuk berlibur menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya. Kewajiban kami sebagai provider untuk terus memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun,” katanya dalam keterangan yang diterima barakata.id, Sabtu (7/12/19).

Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Sumatera, Iswandi menambahkan, Telkomsel memahami bahwa saat ini pelanggan cenderung menggunakan layanan data untuk bertukar informasi. Karena itu, Telkomsel sudah menyiapkan layanan 4G LTE yang mampu menampung lonjakan trafik data tersebut sejak jauh hari.

“Khusus momen Natal dan Tahun Baru ini, kami memprediksi akan terjadi kenaikan penggunaan broadband sebesar 115 persen dari kondisi normal. Dan kami pastikan network Telkomsel mampu melayanin lonjakan yang terjadi,” katanya.

(ki-ka) GM Network Operation and Quality Management Region Sumbagteng Telkomsel Alvo Ismail, GM Consumer Sales Region Sumbagteng Telkomsel Mulyadi Indra, Agus Setia Budi, Erwin Tanjung, dan Iswandi saat jumpa pers kesiapan Telkomsel menghadapi lonjakan trafik Natal dan Tahun Baru, Pekanbaru, Jumat (6/12/19). (F: IST/Barakata.id)

Menurut Iswandi, kemampuan jaringan telah diuji secara berkala dengan melakukan test drive secara merata di pusat kota hingga pelosok yang menjadi sentra tujuan mudik maupun wisata.

Lonjakan penggunaan layanan data Telkomsel di Area Sumatera pada H-1 Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diprediksi meningkat hingga 15 persen, voice naik 3 persen, dan SMS meningkat sekitar 6 persen.

Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Sumatera, Erwin Tanjung mengatakan, Telkomsel senantiasa menguatkan komitmennya sebagai digital telco company yang mengedepankan prinsip customer-centric, di mana layanan dan produk yang dihadirkan sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan.

Untuk itu, Telkomsel menghadirkan paket kuota data OMG! sebagai solusi atas semakin tingginya minat pelanggan dalam mengadopsi layanan digital dalam kesehariannya, seperti aplikasi streaming video streaming dan sosial media.

“Paket kuota ini akan menemani para pelanggan setia untuk berkomunikasi dan membagikan momen liburannya melalui social media di masa liburan Natal 2019 dan Tahun baru 2020 ini,” kata dia.

Baca Juga : 14.990 BTS Telkomsel di Perbatasan Dukung Indonesia Merdeka Sinyal

Bukan hanya menghadirkan produk baru, Telkomsel Area Sumatera juga telah mengantisipasi lonjakan permintaan terhadap produk dengan meningkatkan jumlah produksi, baik untuk kartu perdana, isi pulsa, maupun untuk paket bundling. Telkomsel pun menjamin layanan produk tersebut bisa didapatkan dengan mudah di seluruh mitra dealer dan mitra kerja Telkomsel yang tersebar di seluruh daerah.

“Penyebaran produk Telkomsel sudah bisa didapatkan dengan mudah di setiap kios-kios penjual pulsa, bahkan di pelosok desa,” ujar Erwin.

Telkomsel juga membuat posko Siaga di 20 titik yang tersebar di seluruh titik keramaian dan lokasi wisata. Di masing-masing titik akan hadir booth pelayanan, penjualan pulsa dan kartu perdana, layanan migrasi USIM, redeem Telkomsel Poin serta layanan penjualan content-content digital.

Selain itu, lanjut Erwin, Telkomsel juga mempersiapkan GraPARI Siaga NARU (Natal dan Tahun Baru) di 13 titik di Sumatera. GraPARI Siaga NARU ini akan dipastikan tetap beroperasi melayani pelanggan di hari libur.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin