Warta Kepulauan Riau Tari Kolosal Jogi dan Penyair 1/2 Jadi Akan Buka Kenduri Seni Melayu...

Tari Kolosal Jogi dan Penyair 1/2 Jadi Akan Buka Kenduri Seni Melayu 2019

27
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad yang juga penulis buku Puisi Sungsang Penyair 1/2 Jadi, dijadwalkan akan membaca puisi pada malam pembukaan KSM 2019 di Dataran Engku Putri, Batam, Rabu, 11 Desember nanti. (F: Barakata.id/IST)

Barakata.id, Batam – Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Kota Batam akan menari jogi untuk memeriahkan pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) 2019. Pembukaan KSM akan digelar di Dataran Engku Putri, Rabu (11/12/19) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, KSM tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-20 kalinya digelar Pemerintah Kota Batam. KSM merupakan event perpaduan seni dan budaya dengan pariwisata.

Baca Juga : Semarak Hari Jadi Batam, dari Atraksi Udara F-16 hingga Kenduri Seni Melayu

Selain untuk ajang unjuk kemampuan para seniman berbagai bidang seni, KSM juga akan menampilkan ragam budaya khas Melayu. Bukan hanya dari Batam, peserta yang bakal mengisi rangkaian acara KSM juga berasal dari negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand hingga Brunei Darusalam.

“KSM ini agenda rutin tahunan yang sudah digelar Pemko Batam sejak tahun 1999. Tahun ini adalah yang ke-20, makanya akan kita buat semenarik mungkin, lebi semarak dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Ardiwinata di Batam Centre, Senin (25/11/19).

Ardi mengatakan, malam pembukaan KSM 2019 bukan hanya diisi penampilan tari jogi oleh ratusan pelajar tapi juga bakal disemarakkan dengan pertunjukan lainnya. Salah satunya adalah Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad yang akan unjuk kebolehannya membaca puisi.

Selain sebagai birokrat, Amsakar selama ini juga dikenal sebagai salah satu penyair di Kota Batam. Ia pun andal dalam mencipta puisi, yang ditunjukkan dengan lahirnya buku puisi karyanya, Puisi Sungsang Penyair 1/2 Jadi.

Poster KSM 2019

KSM 2019 akan berlangsung selama tiga hari. Ardi mengatakan, berbagai penampilan dapat disaksikan pengunjung selama perhelatan.

“Tak hanya dari Kota Batam, kemeriahan KSM juga diisi pelaku seni dari kota/kabupaten lain di Indonesia, bahkan hingga mancanegara,” ujarnya.

Baca Juga : Kenduri Seni Melayu Masuk 100 Kalender Pariwisata Nasional Lagi

Kesenian yang dipersembahkan beragam. Mulai dari tari, musik, sampai puisi. Tak cuma bernuansa Melayu tapi juga kesenian nusantara.

“Pada tanggal 12 Desember juga akan ada pertunjukan gasing yang dimainkan anak-anak sekolah se-Kota Batam. Ini sekaligus untuk melestarikan kembali permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan,” kata dia.

Pemko Batam berharap, event KSM 2019 ini mampu menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Batam. KSM sendiri tahun ini sudah masuk dalam kalender pariwisata nasional.

*****

Editor : Yuri B Trisna

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here