Home Nusantara Targetkan 70 Persen di Akhir Tahun, Pemkab Blitar Gandeng Binda Jatim Kebut...

Targetkan 70 Persen di Akhir Tahun, Pemkab Blitar Gandeng Binda Jatim Kebut Vaksinasi

Program Vaksinasi Covid-19 Blitar
Dalam kesempatanya, Mak Rini panggilan akrab bupati Blitar, memberikan makanan tambahan bagi peserta vaksinasi yang mempunyai anak balita. (foto: achmad/barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dalam mengejar target bisa lepas atau turun dari PPKM level 3, yaitu dengan melakukan vaksinasi secara door to door.

Dengan mengandeng Badan Inteligen Negara Daerah (Binda) Jawa Timur, Pemkab Blitar menggelar vaksinasi di Kelurahan Pojok, Kecamatan Ponggok, pada Kamis (11/11/2021) dengan sasaran daerah padat penduduk dan lansia yang belum tertangani.

“Targetnya, 12 ribu peserta untuk masing-masing dosis,” ujar bupati Blitar usai meninjau lokasi vaksinasi.

Baca juga : Festival Kresnayana ke V Sukses Digelar Pemkab Blitar, Ini 10 Top Even Pemprov Jatim

Menurut Mak Rini, begitu Bupati Blitar disebut, cara itu sangat efektif dan dapat meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam mencapai kekebalan komunitas guna mengatasi pandemi Covid-19.

Sementara, dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar per tanggal 10 November 2021, ia menyebutkan bahwa warga diatas usia 12 tahun berdasarkan data KTP dan yang sudah di suntik vaksin Covid-19 dosis 1 sebanyak 635.741 orang, atau setara 66,1 %.

“Data tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah yang belum mengikuti vaksin sebanyak 326.556 orang atau sekitar 34%,” bebernya Mak Rini.

Baca juga : BINDA Jatim Gelar Vaksinasi di Blitar Sasar Pondok Pesantren

Selanjutnya, dalam capaian percepatan vaksinasi secara menyeluruh yang dilaksanakan hari ini, pihaknya mewakili Pemkab Blitar memberikan apreasi kepada Binda Jatim yang telah memberikan vaksin Sinovac, dan ini sangat diharapkan oleh para lansia.

“baik vaksin maupun tenaga kesehatan (Nakes) semua dari Binda Jatim. Kita tinggal pelaksanaanya saja,” ucap bupati.

“Khusus Kecamatan Ponggok jumlah penduduknya sangat besar dan untuk lansianya belum tertangani semuanya. Kemudian, vaksin Sinovac ini murni diberikan oleh Kabinda Jatim kepada masyarakat khususnya para lansia yang ada di Kabupaten Blitar, baik yang sama sekali belum menerima dosis I atau dosis II,” imbuhnya.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan Medis, Pemkab Blitar Resmi Jalin Kerjasama dengan Pemkot Kediri

Ia menambahkan, saat ini pencapaian vaksinasi khusus lansia masih dibawah 30% dan pemerintah daerah bersama Dinas Kesehatan akan fokus dengan jalan jemput bola sebagai upaya untuk cepat merubah PPKM level 3 saat ini.

“Kalau lansia ini ada keterbatasan untuk datang ke faskes, akan dilakukan jemput bola dengan mendatangi atau door to door. Sehingga diharapkan target 70% bisa tercapai.
Hal ini sesuai dengan rencana pemerintah menuntaskan vaksinasi Covid-19 akhir tahun ini,” pungkasnya. (adv/kmf/jun)

Sebelumnya10 Media Sosial Terpopuler Tahun Ini
SelanjutnyaPulang dari Dubai, Rudi Tinjau Penataan Jalan di Batubesar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin