Beranda Kepulauan Riau Batam

Tanggap Keluhan Warga, PLN Batam Perbaiki Kabel Semrawut di Perumahan

16
0
PLN Batam
Petugas PLN Batam merapikan tata letak kabel di Perumahan Taman Anugrah Ideal. (F: barakata.id/ist)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – PT PLN Batam merespon cepat keluhan masyarakat di Kota Batam terkait kesemrawutan kabel jaringan listrik yang terpasang di beberapa tiang. Tim PLN Batam langsung bergerak ke sejumlah perumahan untuk memperbaiki tata letak kabel-kabel tersebut.

Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PT PLN Batam, Khairullah mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan tim dari Unit Bisnis Infrastruktur PT PLN Batam ke perumahan warga, salah satunya di Perumahan Taman Anugerah Ideal.

- Advertisement -

Khairullah mengatakan, selama dua minggu terakhir, Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam telah melakukan upaya perapihan pada kabel-kabel yang terbentang di sepanjang tiang di perumahan tersebut, dan juga di beberapa lokasi perumahan lain.

Menurut dia, sebagian besar jaringan listrik di Batam saat ini telah dialihkan ke Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) atau jaringan listrik bawah tanah.

“Meski demikian, memang beberapa perumahan masih ada yang menggunakan jaringan dari tiang listrik. Di samping kabel saluran tegangan rendah (STR) yang dimiliki oleh PLN Batam, tiang listrik juga mengandung berbagai kabel untuk layanan telematika, telekomunikasi, layanan TV kabel, penyedia Internet Service Provider (ISP), serta peralatan terkait,” kata dia, kemarin.

BACA JUGA : Komitmen PLN Batam Wujudkan Kota Batam Tanpa Kabel Listrik Semrawut

Khairullah menjelaskan, tujuan merapikan kabel-kabel yang tadinya kusut atau semrawut adalah untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan mengurangi risiko kecelakaan yang bisa terjadi akibat kabel yang mengendur dan membahayakan.

“Pemeliharaan ini akan membantu pemilik kabel, termasuk Penyedia Layanan TV Kabel dan Internet Service Provider (ISP), untuk lebih mudah dalam melakukan pemeliharaan pada jaringan mereka,” ujarnya.

khairullah juga mengingatkan para penyedia layanan telematika yang menggunakan tiang listrik milik PLN Batam untuk berkoordinasi sebelum memasang kabel-kabel, demi keamanan dan efisiensi tata letak kabel tersebut.

Senior Manager Unit Bisnis Infrastruktur PLN Batam, Sanggam Robaga Parsaoran Sinaga menambahkan, PLN Batam siap untuk berkolaborasi dengan penyedia layanan TV kabel dan Internet, dengan tujuan memastikan penggunaan jaringan listrik PLN Batam yang aman dan teratur.

“Kami minta kepada para calon mitra PLN Batam dapat menghubungi Contact Center 123 PLN Batam ataupun nomor Whatsapp 081378016600, guna melakukan komunikasi dan koordinasi dalam penggunaan jaringan listrik PLN Batam untuk keperluan telematika. Dengan begitu keperluan bisnis dapat terlaksana dan juga kenyamanan serta keamanan masyarakat sekitar tetap yang utama,” kata Sanggam.

BACA JUGA : Mengapa PLN Batam Bangun Jaringan Listrik Bawah Tanah?

Dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, PLN Batam juga mengajak warga untuk melaporkan potensi bahaya atau kabel yang kusut ditemui.

“Tim Penataan Jaringan Telematika PLN Batam siap untuk melakukan perbaikan dan penataan pada tiang listrik, demi menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi warga Kota Batam,” kata dia.

Sementara itu, Ketua RW XIX Perumahan Taman Anugerah Ideal, Benny menyampaikan apresiasinya atas respon cepat PLN Batam dalam menanggapi keluhan warganya. Kata dia, di kawasan perumahan itu cukup banyak kabel dari layanan TV Kabel dan Internet yang sebelumnya menggelantung rendah di tengah jalan. Namun kini sudah dapat dinaikkan serta tersusun lebih rapih.

”Terimakasih kepada PLN Batam, perawatan jaringan memang harus dilakukan secara rutin, jika memang ada kabel maupun tiang listrik yang sudah tidak layak maka segera lakukan pembenahan,” kata dia. (*)

- Advertisement -