Home Gaya Tekno

Catat, Ini Tanda-Tanda WhatsApp Diretas

158
Tanda-Tanda WhatsApp Diretas
Kenali tanda-tanda akun WhatsApp diretas untuk menghindari penipuna mengatasnamakan Anda. (F: Piqsels)

Barakata.id- Tanda-tanda WhatsApp diretas sebenarnya mudah diketahui. Namun, kadang kita abai. Aplikasi berbagi pesan, WhatsApp, saat ini memang tengah populer. Penggunanya tersebar hampir di seluruh dunia.

Namun, hal ini ternyata membuat para pelaku kejahatan pun tertarik untuk memanfaatkannya. Para penjahat ini mengkloning WhatsApp untuk membajak atau meretasnya lalu mendapat keuntungan dari sana.

Mungkin kita sudah kebal jika menerima SMS minta pulsa yang mengatasanamakan orang tua atau kerabat dengan nomor asing, Tapi bagaimana jika orang yang minta pulsa atau dikirimi uang menghubungi Anda melalui pesan WhatsApp dan kontaknya ada di tempat kita. Menunjukkan orang tersebut keluarga, kerabat atau teman? Anda pasti bakal langsung percaya.

Baca Juga:
Chat WhatsApp Terhapus? Begini Cara Mengembalikannya

Sebaiknya kita memang waspada terhadap pembajakan WhatsApp ini. Setidaknya mengamankan akun kita agar tak dibajak. Caranya dengan memperhatikan tanda-tanda berikut ini. Dilansir dari CNBC, Jumat (14/8/20) beberapa ciri-ciri ini adalah tanda WhatsApp kita sedang diretas.

1. Menerima SMS kode OTP

Tiba-tiba kotak pesan Anda menerima SMS yang berupa kode OTP untuk mengaktifkan WhatsApp. Padahal Anda merasa tak mendaftar apapun yang membutuhkan kode OTP.

Waspadalah, jangan langsung memberikan kode itu kepada orang lain. Apalagi jika ada orang yang menghubungi Anda lewat pesan WhatsApp meminta kode itu. Beberapa kasus, orang yang minta kode OTP itu biasanya teman yang dikenal. Jika seperti itu, kemungkinan besar teman Anda itu juga sudah dibajak akun WhatsApp nya.

2. Log in di perangkat tak dikenal

Anda sedang akan menghubungkan WhatsApp di ponsel dengan WhatsApp web, mendadak Anda menemukan akun Anda sudah terhubung di perangkat tak dikenal. Wah, itu salah satu tanda akun Anda sudah dibajak.

3. Mengirim pesan tanpa kita kirim

Kita baru saja meninggalkan ponsel, mendadak ketika kita cek WhatsApp ada pesan terkirim ke orang lain. Padahal kita tak merasa mengirimkannya. Berhati-hatilah, sebab itu berarti orang lain yang membajak WhatsApp kita yang melakukannya.

4. Pesan sudah terbaca

Ada pesan ke akun Anda, tapi tanda pada pesan yang diterima sudah dua centang biru. Padahal Anda belum membuka pesan itu. Hati-hati, itu merupakan salah satu ciri-ciri akun Anda diretas.

5. Terlihat online padahal tak aktif

Anda sedang offline, tapi dari perangkat lain Anda terlihat sedang online. Wah ini patut dipertanyakan, siapa yang sedang online. Bisa jadi akun WhatsApp Anda telah dibajak. Si hackerlah yang sedang online dan bersiap-siap mencari mangsa menggunakan akun Anda.

Baca Juga:
WhatsApp Kembangkan Fitur Hapus Pesan dan Mute Always

Jika menemukan beberapa tanda tersebut, Anda tak perlu panik. Segera lakukan keluar tau log out dari perangkat yang tak dikenal.

Untuk pengguna Android caranya ketuk tiga titik di kanan atas pada tanda chat. Jika menemukan perangkat tak dikenal yang terhubung dengan akun Anda segera pilih log out.

Bagi pengguna IOS, caranya pilih setting atau pengaturan di kanan bawah. Pilih WhatsApp web atau dekstop. Cek perangkat apa saja yang terhubung. Jika ada yang asing segera pilih log out.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin