Home Gaya Kesehatan

Takut Keluar, Ini Ide Olahraga di Rumah Agar Tetap Bugar

34
Di masa pandemi memang lebih baik berada di rumah. tapi tak perlu khawatir, ada banyak ide olahraga yang bisa Anda lakukan. (F: Piqsels)

Barakata.id- Pandemi membatasi ruang gerak masyarakat. Aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Tapi jangan khawatir, ada banyak ide olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Tak perlu memakai banyak alat, tapi Anda tetap bugar dan sehat.

Tubuh yang sehat dan bugar tetaplah diperlukan di masa pandemi ini. Sebab, kebugaran berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang sehat juga mampu melawan infeksi. Berikut ini latihan fisik yang bisa dilakukan di rumah, seperti dilansir dari Indianexpress.

1. Olahraga dengan treadmill

Berolahraga menggunakan treadmill atau sepeda statis bisa jadi pilihan. Kegiatan ini dapat menjaga kesehatan jantung. Jika alat ini tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan aktivitas lain yang dapat meningkatkan denyut jantung.

Baca Juga:
WHO Tak Rekomendasikan Pakai Masker Saat Olahraga

2. Naik turun tangga

Opsi ini bisa jadi pilihan. Bagi yang rumahnya memiliki tangga, bisa berolahraga dengan naik turun tangga. Tapi jika rumahnya tak memiliki tangga, bisa melakukan jalan cepat di sekitar rumah. Cara ini cukup efektif untuk menjaga kebugaran fisik. Selain itu cara ini juga murah karena tak butuh biaya untuk melakukannya. Jika Anda haus tinggal pergi ke dapur untuk mengambil minuman. Hemat karena tak perlu beli.

Jika rumah Anda sempit, lompat tali juga bisa jadi alternatif untuk menjaga kesehatan. Kegiatan ini dapat membantu mencegah obesitas dan polycystic ovarian syndrome (PCOS).

3. Manfaatkan ruang yang ada

Jika tidak alat olahraga khusus, tak perlu sedih. Sebab, Anda bisa mencoba memanfaatkan ruang yang ada. Solusinya adalah melakukan push up di lantai, atau di dinding, squat dan melompat. Alternatif ini selain potensial juga dapat mengurangi obesitas dan memperkuat otot.

Baca Juga:
Trik Agar Badan Tetap Bugar Saat WFH

4. Zumba

Zumba bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda bisa menyetel musik yang sesuai untuk mengiringi gerakan. Jika masih memerlukan instruktur, Anda bisa mencoba menggunakan instruktur dari YouTube.

Senam zumba ini membantu menjaga kebugaran tubuh secara menyeluruh. Gerakan- gerakan zumba membuat persendian pun tidak kaku. Selain itu senam zumba juga sifatnya menyenangkan. Tubuh tak hanya sehat dan bugar, tapi perasaan juga bisa lebih bahagia.

****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin