Home Kepulauan Riau Tanjungpinang Takut Corona, 58 WNA Cina di Bintan Minta Perpanjangan Izin Tinggal

Takut Corona, 58 WNA Cina di Bintan Minta Perpanjangan Izin Tinggal

33
TKA di Batam
Ilustrasi. Sejumlah TKA asal Cina yang bekerja di salah satu perusahaan di Batam. Kantor Imigrasi Tanjungpinang menerima pengajuan perpanjangan izin tinggal dari 58 WNA asal Cina yang bekerja di Pulau Bintan. (F: Barakata.id/Dok.Pemko Batam)

Menurut dia, jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Tanjungpinang yang tercatat hanya ada empat orang. Sementara di Kabupaten Bintan yang masih berada di wilayah kerja Imigrasi Tanjungpinang, terdata sebanyak 300 orang.

Dari 300 TKA yang bekerja di beberapa perusahaan di Bintan itu, sebanyak 293 orang di antaranya merupakan TKA asal Cina.

Baca Juga :
181 WNI Ditangkap Aparat Saudi Saat Mau Ibadah Haji, Apa Pasal?

Irwanto menegaskan, setiap TKA wajib memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). KITAS diberikan selama 6 bulan sampai 12 bulan, tergantung kebutuhan perusahaan.

“Saat ini, izin tinggal sebagian besar TKA yang berasal dari Cina masih berlaku. Jadi banyak yang belum mengajukan perpanjangan izin tinggal dalam kondisi terpaksa,” kata dia.

Ia mengungkapkan, sejauh ini tidak ada warga asing yang ditolak petugas gabungan masuk ke Tanjungpinang. Sejak wabah virus corona merebak di segala penjuru dunia, jumlah WNA yang berkunjung ke Tanjungpinang justru relatif berkurang.

Baca Juga :
Baru Tiba di Batam, 19 TKA dari Cina Dikarantina 14 Hari

Pada Desember 2019, jumlah WNA yang tiba di Tanjungpinang tercatat sebanyak 16.442 orang. Sementara WNA yang berangkat dari Tanjungpinang sebanyak 15.386 orang.

Pendataan hingga Januari 2020, jumlah WNA yang tiba di Tanjungpinang sebanyak 12.382 orang. Sedangkan WNA yang berangkat dari Ibu Kota Provinsi Kepri itu tercatat sebanyak 12.190 orang.

*****

Penulis : Erha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin