Home Warta Nusantara

Tak Ada Salat Id Berjamaah Jika Corona Masih Ada

171
Doni Monardo
Doni Monardo

Barakata.id, Batam – Salat Idul Fitri (Id) 1441 Hijriah tak akan dilakukan secara berjamaah jika pandemi virus corona belum selesai. Salat yang biasa digelar berjamaah di masjid atau lapangan terbuka ini, dianjurkan dilaksanakan di rumah masing-masing.

“Kalau bahaya atau ancaman sudah tidak ada, bisa saja salat dilakukan. Tapi manakala masih terdapat ancaman atau bahaya covid, maka ibadah salat Id berjamaah tentunya ini tidak dilakukan,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo dalam jumpa pers di gedung BNPB Jakarta, Selasa (12/5/20).

Pernyataan itu disampaikan Doni merespons permintaan Menteri Agama Fachrul Razi soal pelonggaran bagi rumah ibadah di lokasi-lokasi tertentu.

Baca Juga :
Umat Muslim Batam, Sementara Ini Salat Berjamaah di Rumah Saja

Doni menegaskan keputusan untuk menjalankan salat Id atau ibadah apapun akan sangat bergantung pada kondisi penyebaran corona.

“Tadi Bapak Wapres sudah mengingatkan, pembukaan tempat ibadah sangat bergantung dari keputusan pemerintah yang berhubungan apakah masih ada bahaya yang mengancam atau tidak,” kata pria yang juga Kepala BNPB itu.

Baca juga :
Rumah Ibadah di Batam Diawasi, Jangan Ada Lagi Jamaah Tertular Corona

Diketahui, salat Id dalam jumlah massa yang banyak biasanya digelar di masjid atau lapangan terbuka. Menag Fachrul Razi sebelumnya menyampaikan wacana pelonggaran di rumah ibadah di tengah penerapan PSBB pandemi pandemi corona.

Mantan Wakil Panglima TNI itu menerangkan relaksasi di rumah ibadah akan dilakukan dengan tetap memerhatikan protokol pencegahan Covid-19. Kemenag pun sedang menggodok bakal aturan relaksasi tersebut.

Selama masa pandemi corona, pemerintah bersama MUI telah mengannjurkan agar umat muslim melaksanakan salat di rumah masing-masing. Pengurus masjid diimbau untuk meniadakan salat berjamaah di masjid dan musala demi memutus mata rantai penularan virus corona.

*****

Sumber : CNN Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin