Suzuki Luncurkan Tiga Varian Jimny, Berapa Harganya?

80
Salah satu varian Suzuki yang dihadirkan di pameran GIIS 2019, Tangerang, Kamis (18/7/19). (F: Ruly Kurniawan/Kompas.com)

Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki memanfaatkan pameran otomotif nasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 untuk meluncurkan mobil Jimny terbarunya. Ada tiga varian Jimny yang diperkenalkan kepada publik.

Tiga varian mobil Sport Utility Vehicle (SUV) legendaris andalan Suzuki yang dihadirkan adalah varian standar, beraksesoris, dan rally atau tough concept.

Tampil dengan karakter yang berbeda di masing-masing variannya, berapa harga yang dibanderol Suzuki?

Baca Juga : Suzuki Alto, Mobil Mini Performa Tinggi Seharga Rp84 Juta

Di pameran tersebut, PT SIS memang masih terkesan masih malu-malu memberi informasi terkait hal ini. Tapi bisa dipastikan bahwa Jimny terbaru ini dibanderol sekitar Rp 300 jutaan.

“Harga (resmi) Jimny, Rp 328 juta (transmisi manual) dan Rp 338 juta (yang matik),” kata salah satu eksekutif Suzuki Indonesia ditemui di pameran tersebut, Kamis (18/7/19) dikutip Kompas.com.

Hal ini diperkuat dari situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI Jakarta yang menyatakan Suzuki Jimny, dengan kode nomor 6GVX (4×4) dihargai Rp256 juta untuk transmisi otomatis dan Rp246 bagi varian transmisi manualnya.

“Tipe standar Rp 310 jutaan. Berbeda Rp5 juta untuk Jimny yang sudah beraksesori,” katanya.

Dengan rentang perbedaan harga ini, maka bisa disimpulkan Suzuki bakal memasarkan beberapa varian Jimny, dari tipe terendah hingga termahal. Harganya juga cukup bervariasi tergantung aksesori yang disematkan.

Tiga varian Jimny

Tiga varian baru mobil Suzuki Jimny dihadirkan di pameran GIIS 2019, Tangerang, Kamis (18/7/19). (F: Ruly Kurniawan/Kompas.com)

Secara spesifikasi, ketiga mobil Jimny hanya memiliki perbedaan pada sektor eksteriornya. Semua fitur dan dimensi mobil serupa.

Hanya saja untuk ground clearance Jimny Tough Concept lebih tinggi yakni menjadi 360 mm dari 210 mm.

Perbedaan Jimny standar dan yang sudah diberi aksesoris, terlihat pada spion, hendel, pelindung pintu samping, serta atap mobil. Pada Jimny standar, kelir atap mobil menyatu dengan warna dasar eksterior, tidak dua warna.

Sedangkan Jimny Tough Concept, memiliki aksesori tambahan yang lebih banyak. Sehingga nuansa mobil jadi signifikan berbeda.

Hal ini dapat dilihat mulai dari warna mobil, bemper depan dan belakang, ban dan velg, coil spring, cover back door, serta bagian penunjang lainnya. Ingat, model ini masih dalam bentuk konsep atau belum untuk dijual

Baca Juga : Mengapa Mobil Kepresidenan Identik Berwarna Hitam?

Pada dasarnya, Jimny memiliki dimensi 3.395 x 1.475 x 1.705 mm, dengan wheelbase 2.250 mm. Dibandingkan generasi sebelumya, jelas mobil legendaris ini lebih modern seperti hadirnya layar infotainment besar, setir yang dilengkapi beberapa tombol pengendali sisitem audio, MID dan fungsi koneksi Bluetooth, cruise control, serta AC.

Rangkaian fitur keselamatan canggih turut dipersenjatai untuk Jimny, yang terbaru adalah DSBS (Dual Sensor Brake Support) berupa dua titik sensor terdiri dari kamera monocular dan sensor laser, untuk mendeteksi potensi tabrakan.

Lampu utama didukung dengan teknologi High Beam Assist yang bisa menyesuaikan intensitas pencahayaan ke arah depan, seiring berubahnya kondisi lalu lintas.

Beberapa fitur pelengkap keselamatan lainnya termasuk Weaving Alert, Lane Departure Warning dan Traffic Sign Recognition. Sementara untuk pendukung kemampuan off road, hadir fitur Brake LSD Traction Control, Hill Hold Control dan Hill Descent Control.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini