Home Kepulauan Riau Batam

Suplai Air Bersih Batam di Ambang Sekarat

168
IPA Tanjungpiayu
IPA Tanjungpiayu akan berhenti beroperasi ketika elevasi air di waduk Duriangkang mencapai level minus 3,4 meter dari permukaan bangunan pelimpah. (F: Dok. ATB)

Barakata.id, Batam – Pasokan air bersih untuk masyarakat Kota Batam di ambang sekarat. Volume air di waduk-waduk penampungan air kini semakin menyusut.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tanjungpiayu, misalnya, akan berhenti beroperasi ketika elevasi air di waduk Duriangkang mencapai level minus 3,4 meter dari permukaan bangunan pelimpah.

Baca Juga :
Air ATB Akan Mati 2 Hari, Ini Wilayah yang Kena

Kondisi ini menyebabkan Batam kehilangan produksi air bersih sebesar 225 liter perdetik, sehingga ATB terpaksa harus melakukan penggiliran.

Menurut data yang dihimpun melalui Dashboard ATB Integrated Operation System, elevasi air di waduk Duriangkang telah mencapai minus 3,33 meter dari permukaan bangunan pelimpah pada Senin (23/3/20).

Menurut perhitungan, tidak sampai satu minggu lagi, elevasi air akan mencapai minus 3,4 meter dari permukaan bangunan pelimpah.

Baca Juga :
Siap-Siap, Air ATB Mati hingga Dua Hari

Saat hal itu terjadi, pompa intake di IPA Tanjungpiayu telah menyentuh dasar waduk, sehingga tak bisa beroperasi.

“Dengan demikian, maka penggiliran yang berdampak pada setidaknya 21.642 pelanggan di wilayah Tanjungpiayu dan dan 32 ribu pelanggan di area Batam Centre tidak akan terhindarkan,” kata Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, dilansir dari laman resmi ATB Batam, Kamis (26/3/20).

Dengan tumbangnya IPA Tanjungpiayu, maka Batam telah kehilangan produksi air bersih sebesar 225 liter per detik. Untuk meminimalisir dampak dari defisit tersebut, maka tidak ada skenario yang lebih baik selain melakukan penggiliran (suplai air ke rumah pelanggan).

Usulan Badan Pengusahaan (BP) Batam agar ATB menyiapkan skema penggiliran sudah dipersiapkan dan disimulasikan. Termasuk memperhitungkan dampak-dampak yang muncul.

Selanjutnya, potensi 4 hari air mati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin