Home Nusantara Speedboat Tabrakan, Kepala BRI Bawa Rp5 Miliar Tewas

Speedboat Tabrakan, Kepala BRI Bawa Rp5 Miliar Tewas

Speedboat Tabrakan
Foto ilustrasi.
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Halmahera – Dua speedboat berpenumpang belasan orang tabrakan di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat (6/8/21) malam. Tabrakan itu mengakibatkan seorang penumpang tewas bernama Barry Hamdanny Abubakar.

Kecelakaan laut yang terjadi di perairan Desa Sawadai Kecamatan Bacan Selatan, Halmahera Selatan itu melibatkan dua speedboat dengan nama Habibi 01 dan Hasiqah. Adapun korban tewas diketahui sebagai Kepala BRI unit Pulau Obi.

Saat insiden terjadi, korban berada di speedboat Hasiqah. Jenazah Barry kemudian segera dievakuasi ke RSUD Labuha, dan langsung diberangkatkan ke Ternate dengan KM Uki Raya 23.

BACA JUGA : Pesawat Jatuh di Halaman Rumah, Seluruh Penumpang Tewas

Informasi dari pihak BRI Labuha, speedboat yang ditumpangi Barry itu dalam perjalanan menuju Desa Kawasi di Pulau Obi. Dalam speedboat itu ia membawa uang milik BRI sebanyak Rp5 miliar dari Labuha untuk dibawa ke unit Obi di desa Kawasi.

Kronologis tabrakan

Motoris di speedboat Habibi, Julsan Hi Jafar yang ditemui di lokasi evakuasi korban menerangkan sekitar pukul 18.10 WIT perahu yang dikendalikan anak buah kapal (ABK) bernama Iki sedang melaju dari arah Desa Kawasi, Pulau Obi, menuju Pulau Bacan.

Speedboat membawa 10 penumpang yang terdiri atas tujuh WNI dan tiga WNA asal Tiongkok. Selain itu ada pula tiga orang ABK.

Sementara itu, speedboat Hasiqah melaju dari arah Kupai, Pulau Bacan, menuju Kawasi. Speedboat tersebut dikemudikan Faris dan membawa lima penumpang dan tiga ABK.

Saat hendak berpapasan di perairan Sawadai-Kubung, dengan jarak antara kedua speedboat itu sekitar 100 meter, speedboat Habibi mengambil jalur kanan atau mendekat ke arah pantai, sedangkan speedboat Hasiqah mengambil jalur kiri–yang juga mepet ke arah pantai.

Speedboat Habibi lalu berusaha menghindar dan mengubah haluan ke arah jalur kiri atau menjauh dari pantai. Nahas, pada saat bersamaan speedboat Hasiqah ikut mengubah haluan sehingga terjadi tabrakan yang tak dapat dihindari.

Speedboat Habibi akhirnya menabrak bagian belakang speedboat Hasiqah. Akibatnya, speedboat Hasiqah mengalami rusak berat dan terbalik. Sementara itu, speedboat Habibi hanya mengalami kerusakan pada bagian depan.

Para korban kemudian dievakuasi oleh tim kepolisian ke RSUD Labuha. Selain Barry yang meninggal, korban lain yang mengalami luka cukup berat adalah seorang pelajar, Radit Saputra (16) yang mengalami patah kaki.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan lebih lanjut terkait nasib uang Rp5 miliar milik BRI yang akan dibawa ke Kawasi menggunakan Speedboat Hasiqah yang terbalik tersebut.

BACA JUGA : Kapten Asyik Mesum dengan Awak Kapal, Kapal Pesiar Mewah Tabrakan

Dilansir CNN Indonesia, berikut manifes dua speedboat tersebut:

Habibi 01:

1. M. Taufik
2. Dedi Komarudin
3. Dasiman
4. Mr. So
5. Mujiono
6. Sidik
7. Juslan (motoris)
8. Arif (ABK)
9. Iki (ABK)
4 orang penumpang lainnya belum teridentifikasi.

Hasiqah:

1. Wa Rita bersama 1 orang anak usia 4 tahun
2. Barry Hamdanny Abubakar (Kepala BRI Kawasi Obi)
3. Andre
4. Rahman

*****
Editor : YB Trisna

Sumber : CNN Indonesia

SebelumnyaPemko Batam Optimalkan Pendapatan APBD, Ini yang Ditingkatkan
SelanjutnyaApa Hukum bagi Pelakor? Begini Kata UAS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin