Home Warta Tekno 10 Media Sosial Terpopuler Tahun Ini

10 Media Sosial Terpopuler Tahun Ini

Sosial Media Paling Populer
Sosial Media. Foto : natanaelginting/www.freepik.com
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Tekno – Media sosial menjadi jejaring sosial yang sedang trend tahun ini dan juga menjadi populer dengan jumlah pengguna yang terus meningkat. Bagaimana tidak media sosial dapat digunakan oleh siapa saja baik itu anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua yang di jadikan sebagai media untuk berbagi informasi dan juga dimanfaatkan oleh mereka pelaku bisnis online.

Berawal dari pandemi Covid-19 ini yang berdampak bagi mereka pelaku bisnis yang harus menutup gerai penjualan mereka karena beberapa kebijakan pemerintah yang membuat pelaku bisnis tidak bisa membukan gerai usaha seperti biasanya yang berdampak pada karyawan yang harus dirumahkan (PHK).

Pelaku usaha yang menutup gerai penjualan karena dampak pandemi Covid-19 mengharuskan mereka beralih ke bisnis online seperti membuat website toko online, mempromosikan via media sosial, dan memakai platform dari Google Ads. Kenapa? Sebab cara ini dianggap cara ampuh agar bisnis Anda bisa tetap bertahan dimasa pandemi Covid-19 ini.

Tidak hanya itu saja, semenjak pademi Covid-19 ini juga banyak melahirkan konten kreator baru dan kreatif dalam menyajikan informasi, seperti kreator konten video, artikel dan masih banyak lagi dengan memanfaat media sosial dengan harapan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dengan beralihnya pelaku bisnis ke bisnis online dan juga lahirnya kreator-keator baru dengan memanfaatkan media sosial menjadikan beberapa media sosial menjadi trend di tahun ini.

Nah apa saja media sosial yang sedang trend ditahun ini?

Ada beberapa media sosial yang digunakan oleh mereka pelaku bisnis online dan juga konten kreator sebagai media untuk mereka mejual barang dagangan tidak jauh beda dengan barang-barang yang ada ditoko mereka sebelum beralih ke bisnis online.

Begitu juga bagi mereka konten kreator media sosial digunakan dan dimanfaat untuk mereka yang kreatif dan juga sebagai sarana untuk mempromosikan diri mereka kepada orang banyak dan tidak jarang juga banyak dari mereka konten kreator di lirik oleh banyak perusahaan untuk dapat bekerjasama.

1. Youtube

Youtube juga menjadi media sosial yang paling banyak digunakan, bagaimana tidak menurut riset agensi marketing We Are Social dan perusahaan aplikasi manajemen medsos Hootsuite, YouTube menjadi medsos yang paling banyak digunakan dalam sebulan mengalahkan platform media sosial lainnya.

Youtube menjadi sangat populer di tahun ini karena banyak digunakan oleh mereka yang senang melihat video dari pada membaca artikel dari informasi yang sedang merekan cari. Hal inilah yang membuat mereka para konten kreator lebih aktif dalam membuat video.

2. Facebook

Facebook merupakan media sosial dengan jumlah penggunanya yang terus meningkat. Facebook menjadi sangat populer dengan jumlah pengguna dilansir dari laman Statista, Jumat, 10 September 2021, Facebook adalah media sosial terpopuler di dunia dengan pengguna aktif bulanan lebih dari 2,85 miliar dan terus meninggakat setiap harinya.

Facebook banyak digunakan saat oleh mereka pelaku bisnis saat dengan seperti melakukan live streaming untuk mejual produk-produk mereka. Terlebih saat ini juga Facebook telah menyediakan fitur Marketplace sehingga memudahkan untuk menjual barang secara online.

Anda bisa membuat tutorial singkat penggunaan produk, update produk, hingga testimoni dari pelanggan. Tak melulu memasarkan produk, Anda juga bisa membagikan konten ringan atau kuis.

3. Tik-Tok

Dizaman yang semakin milenial ini siapa sih yang tidak tahu plaform media sosial ini? ya Tik-Tok juga media sosial yang sedang populer saat ini. Bagaimana tidak Tik-Tok banyak digunakan oleh mereka yang masih berusia remaja.

Tik-Tok yang diluncurkan oleh grup Cina ByteDance pada tahun 2018, dalam kurun waktu empat tahun telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif seperti dilaporkan AFP.

Perlu Anda ketahui juga bahwa Tik-Tok ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang seperti Sponsored Content Post, Jual Beli Akun TikTok, TikTok Influencer dan juga dapat dimanfaat sebagai media mempromosikan bisnis.

4. WhatsApp

Untuk kamu pengguna ponsel Android dan IOS sudah pasti tidak asing dengan aplikasi ini. WhatsApp yang merupakan sebuah layanan pesan singkat yang diluncurkan untuk pengguna ponsel Android dan iOS.

WhatsApp yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton yang telah menghabiskan waktu 20 tahun di Yahoo. WhatsApp bergabung dengan Facebook pada tahun 2014 dan sudah digunakan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan diseluruh dunia.

Fitur-fitur yang ada pada pada aplikasi ini seperti chat, panggilan suara, dan video. pada 2018 lalu WhatsApp memperkenalkan WhatsApp Bussines yang diperuntukan bagi mereka pelaku bisnis online khususnya untuk bisnis kecil.

Dengan pengguna aktif lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan diseluruh dunia, plaform ini menjadi media sosial populer dari aplikasi sejenis.

5. Twitter

Aplikasi media sosial yang didirikan pada tahun 2010 ini dengan 206 juta pengguna aktif harian menjadi salah satu media populer selanjutnya. Dari beberapa kelebihan yang ada pada Twitter seperti Meningkatkan Brand Awareness dan Menambah Followers, Menjalin Hubungan Dekat dengan Konsumen, Mempermudah Interaksi dengan Selebritis dan Tokoh Masyarakat.

6. Instagram

Bagi kalangan muda Instagram menjadi platform media sosial yang menarik.  Jumlah pengguna aktif Instagram di seluruh dunia mencapai 1,07 miliar dan 354 juta penggunanya berusia 25 hingga 34 tahun. Dengan jumlah pengguna tersebut arena Instagram  menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, terutama di kalangan dewasa muda.

7. Telegram

Platform media sosial yang dirilis perdana Agustus 2013 lalu, pada tahun 2020 dan 2021 Telegram konsisten tumbuh, dari 400 juta menjadi 500 juta pengguna aktif bulanan platform media sosial juga termasuk aplikasi yang sedang populer.

Melalui kanal Telegram resminya, di hari ulang tahun ke-8 Telegram tanggal 14 Agustus 2021, Durov mengatakan bahwa Telegram menduduki posisi ketujuh sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2020.

8. Line

Platform media sosial populer berikutnya LINE yang di pernalkan pada 2011 lalu, LINE Awal Agustus lalu, LINE yang memiliki 167 pengguna secara global april hingga juni 2020 aktif dan platform ini paling populer di kalangan anak muda Asia.

LINE yang merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai perangkat elektronik, seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. Pengguna LINE bertukar teks, gambar, video dan audio, dan melakukan percakapan VoIP dan konferensi video secara gratis.

9. LinkedIn

Platform media sosial LinkedIn tidak begitu populer dikalagan anak mudah di usia yang masih seorang pelajar. Platform lebih dikenal sebagai media sosialnya para profesional pekerja yang cenderung digunakan oleh mereka yang berumur 25-34 tahun.

Kelebiahan LinkedIn pengguna bisa membuat profil seperti Curriculum Vitae untuk membangun reputasi yang baik di mata para perusahaan dalam mendapatkan pekerjaan lebih mudah, memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keterampilan untuk menunjang karir.

Survei GlobalWebIndex (GWI) menunjukkan, LinkedIn menempati peringkat kedelapan sebagai media sosial yang paling populer di Indonesia pada awal tahun 2021.

10. Pinterest

Pinterest juga termasuk aplikasi media sosial yang cukup populer. sama seperti Instagram, Facebook, dan Twitte. Pinterest juga dapat banyak diminati terutama mereka yang sedang mencari inspirasi, promosi produk dan juga meningkatkan traffic website.

Platform media sosial yang didirikan desember 2009 lalu ini telah memiliki 459 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

SebelumnyaHari Guru, PGRI Batam Adakan Turnamen Voli
SelanjutnyaTargetkan 70 Persen di Akhir Tahun, Pemkab Blitar Gandeng Binda Jatim Kebut Vaksinasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin