Home Nusantara Soal Bangun Puskesmas Baru di Kecamatan Kademangan, Begini Jawaban Kadinkes Kabupaten...

Soal Bangun Puskesmas Baru di Kecamatan Kademangan, Begini Jawaban Kadinkes Kabupaten Blitar

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Blitar dr. Christine Indrawati. (foto : istimewa)

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Alasan guna meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang infrastruktur kesehatan, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat segera membangun gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas atau PKM) baru di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan.

Gedung baru tersebut rencananya bakal menambah UPT PKM kecamatan Kademangan dengan anggaran sebesar Rp9,793 miliar lebih dari Dana Alokasi khusus atau DAK tahun 2022.

“Dan saat ini sedang tahap pengumuman pascakualifikasi yang dilaksanakan oleh Badan Unit Layanan Pengadaan (BULP) Kabupaten Blitar,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Blitar dr. Christine Indrawati, saat dikonfirmasi barakata.id melalui Short Message Service (SMS), Senin (16/5/2022).

Baca juga : Pemkab Blitar Gelar Musrenbang Serentak, Ada 225 Usulan dari Kecamatan Kademangan

Christine membeberkan, sebenarnya rencana pembangunan Puskesmas baru ini sudah diusulkan 2 tahun lalu. Karena masih masa pandemi Covid-19, pos anggaran tersebut di-refocusing untuk penanganan dan penanggulangan virus korona. Selanjutnya, baru dapat disetujui dan dilaksanakan tahun 2022.

Tambah lagi, alasan dibangunnya Puskesmas anyar itu karena berdasarkan kebutuhan kewilayahan, aksesibilitas, dan jumlah penduduk di kecamatan Kademangan yang banyak sekitar 75.000 jiwa dengan letak geografis yang terbagi antara wilayah atas dan bawah.

“Dengan begitu, kebutuhan masyarakat kecamatan Kademangan dalam layanan kesehatan dapat terpenuhi secara optimal,” tegas Kadinkes Kabupaten Blitar.

Baca juga : Tingkatkan SDM, Kades, Perangkat Desa Dan BPD Se-Kec Kademangan Blitar Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Kemudian Christine menegaskan, bahwa Puskemas baru itu nantinya akan berdiri sendiri menjadi UPT PKM Suruhwadang untuk melayani masyarakat yang memerlukan fasilitas kesehatan. “Sehingga masyarakat kecamatan Kademangan untuk wilayah atas tidak perlu lagi jauh ke Puskesmas yang berada di wilayah bawah,” pungkasnya. (jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin