Home Nusantara SMKN 1 Nglegok Kenalkan Lingkungan Sekolah pada Siswa Baru

SMKN 1 Nglegok Kenalkan Lingkungan Sekolah pada Siswa Baru

Siswa Baru SMKN 1 Nglegok
Siswa Baru SMKN 1 Nglegok. (Foto : istimewa)
DPRD Batam

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Pandemi memang sempat membuat pukulan mundur di segala lini. Tidak terkecuali pendidikan di negeri ini. Setelah dua tahun pembelajaran dilaksanakan secara daring, di pertengahan tahun ini tatap muka bisa kembali dimulai.

Momentum ini menjadi penanda bahwa kebangkitan nasional bukan hanya sekadar keyakinan namun sebuah keniscayaan. Minggu pertama tatap muka itu tersebut diisi dengan tiga kegiatan siswa.

artikel perempuan

Pertama, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kedua, kegiatan kesemaptaan. Ketiga, adalah kegiatan penutup berupa Penerimaan Tamu Ambalat (PTA). Ada hal yang tak biasa di SMKN 1 Nglegok terkait MPLS.

Baca juga: 17 Rumah dan 1 Sekolah Madrasah di Blitar Rusak Berat Akibat Angin Puting Beliung

MPLS dilaksanakan selama dua hari, yaitu Senin-Selasa, tepatnya tanggal 18-19 Juli 2022. Kegiatan di hari Senin meliputi apel pagi, pengenalan ekstrakurikuler, serta materi MPLS. Materi MPLS dilaksanakan secara klasikal dengan mengedepankan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.

Menurut penuturan Wakil Kepala Kesiswaan SMKN 1 Nglegok, Edi menjelaskan sebagaimana kita ketahui, bahwa pandemi tidak cukup dimaknai sebagai hambatan, namun juga tantangan dan beragam pelajaran. Hal terpenting yang menjadi temuan SMKN 1 Nglegok selama pandemi adalah tantangan mengenal peserta didik meskipun tidak ada kegiatan tatap muka.

“Teknik mengenal peserta didik ini ternyata bisa dilakukan dengan instrumen tertentu melalui survey menggunakan platform dari Google. Peserta didik mengenal sekolahan sembari mengikuti arahan dan petunjuk secara daring. Setelah mereka selesai, sekolah tidak hanya mengukur pemahaman siswa. Lebih dari itu, sekolah menemukan data-data penting tentang diri siswa,” jelasnya.

“Misalnya ada kasus siswa membolos, kami tinggal ketik nama di platform yang sudah kami desain tersebut. Di sana akan ditampilkan data siapa anak tersebut, bagaimana latar belakang keluarganya, masalah apa yang sering ia hadapi serta siapa orang yang paling dipercaya dalam hidupnya. Ini akan membantu BK memfokuskan solusi penanganan permasalahan,” papar Edi selaku wakakesiswaan.

Dilain pihak, Yulianto, M.Pd selaku kepala SMKN 1 Nglegok membenarkan penggalian data tersebut. Kendati konsep ini masih dalam bentuk purwarupa yang masih terus dilakukan penyempurnaan, manfaatnya sudah bisa dirasakan.

Baca juga: Guru Olahraga SD se-Kabupaten Blitar Ikuti Diklat Kepelatihan Dasar Atletik

“Ini sebenarnya namanya Data Scientist, sebuah profesi yang mahal di era ini. Dengan data, kita bisa memperkirakan apa yang akan terjadi dan melakukan apa yang akan dianggap perlu, bukan lagi sekadar menunggu apa yang akan terjadi dan baru bertindak belakangan,” ujarnya.

Yulianto berharap, MPLS seyogianya memang bukan sekadar rutinitas tahunan. MPLS adalah cikal bakal peletakan karakter pertama peserta didik baru. Dari sana, kita akan menandai ke arah mana kita akan membawa peserta didik baru. Dan MPLS SMKN 1 Nglegok berupaya ke arah sana.

Berikut Daftar Siswa Peraih Juara Lomba/Perorangan SMKN 1 Nglegok:

  1. M. Haisyam siswa kelas XII Jasa Boga peraih Medali Emas Cabang Lomba Kick Boxing/ Lock Kick Pekan Olah Pelajar se-Jawa Timur.
  2. Rivansyah siswa kelas XI TKR 1 Tim Inti Paskibra Tingkat Jatim.
  3. Andika Pratama Lubis siswa kelas XII TKJ 2 Juara 2 Lomba Cabling Atswanesa Tingkat Jatim.
  4. Andika Pratama Lubis siswa kelas XII TKJ 2 Juara 3 lomba Subneting Atswanesa Tingkat Jatim.
  5. Mohammad Galih siswa kelas XII TKJ 3 juara 3 lomba Mikrotik Atswanesa Tingkat Jatim.
  6. Andika Dwi Setyawan siswa kelas XI TBSM juara 2 lomba karya tulis ilmiah pelajar Pelajar Pelopor Tertip Lalu Lintas (PPLT) Tingkat Kabupaten Blitar.
  7. Deny Prastyo siswa kelas XI juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Pelajar Pelopor Tertip Lalu Lintas (PPLT) Tingkat Kabupaten Blitar.

(jun/Jatim)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.