Home Gaya Kesehatan Skrining Pribadi Sangat Penting Sebelum ke Luar Rumah

Skrining Pribadi Sangat Penting Sebelum ke Luar Rumah

34
Skrining Pribadi
Ilustrasi. (F: Pexels)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Kesehatan- Skrining pribadi sebelum beraktivitas di luar rumah sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memastikan kesiapan perlindungan kesehatan sebelum beraktivitas di luar rumah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, skrining pribadi ini dapat dilakukan dengan mengecek suhu tubuh dan memastikan tak sedang sakit.


Kemudian mengenakan masker, lebih bagus jika mengenakan masker dobel, sehingga perlindungan lebih optimal. Selain itu, jika memungkinkan juga perlu membawa pencuci tangan, masker cadangan dan disinfektan pribadi saat beraktivitas ke luar rumah.

Baca Juga:

Reisa mengatakan, penjelasan lebih lengkap mengenai protokol ini telah diterbitkan oleh Satgas Covid-19 dalam Buku Panduan Protokol Kesehatan. Dalam buku tersebut memuat acuan prilaku seusai protokol kesehatan di tempat umum.

Buku tersebut dapat diunduh dari https://covid19.go.id/ atau dengan mengikuti akun Instagram @satgasperubahanperilaku.

Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik, pemerintah pun kembali membuka beberapa aktivitas di fasilitas publik, seperti pusat perbalanjaan dan fasilitas olahraga umum.

“Pada saat berada di pusat perbelanjaan, diimbau kepada masyarakat untuk tidak berkerumun, tak berlama-lama dan harus memperbanyak berada di ruang dengan ventilasi yang baik,” ujar dr Reisa dalam keterangan persnya, Jumat (3/9/21), seperti dikutip dari Covid19.go.id.

Selain itu, masker juga harus dipastikan telah dipakai dengan benar. Setelah itu harus menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk ke lokasi-lokasi pusat perbelanjaan.

Saat bepergian, dr Reisa juga menganjurkan untuk memilih lokasi yang dekat. Sehingga perjalanan tak terlalu lama, karena di perjalanan juga dapat berisiko lengah dalam menerapkan protokol kesehatan dan mengakibatkan tubuh lelah.

Baca Juga:

“Masyarakat harus membiasakan diri mengikuti norma baru di ruang publik, atau yang dikenal dengan istilah adaptasi kebiasaan baru. Gencarkan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan,” ujarnya.

Tak hanya penerapan protokol kesehatan, pemerintah juga mendorong vaksinasi kepada masyarakat. Vaksin ini tak hanya berfungsi melindungi pribadi tapi juga melindungi keamanan orang lain yang berpapasan, terutama di ruang publik.

“Pastikan kita dan keluarga segera tervaksin dengan lengkap,” kata dr Reisa.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin