Home Warta Nusantara

Sirkulasi di Kabin Pesawat Lion Air Group Diperbarui 20-30 Kali Tiap Jam

42
Kabin dalam pesawat Lion Air tipe Boeing 737-900ER. Sirkulasi udara yang segar di kabin pesawat diperbarui 20-30 kali dalam satu jam atau setiap dua hingga tiga menit. (F : Lion Air Group untuk Barakata.id)

Barakata.id – Lion Air Group terus meningkatkan tingkat kebersihan kabin pesawat. Salah satunya dengan menerapkan penyaringan udara berkemampuan High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. Dalam satu jam sirkulasi udara di kabin diperbarui 20 hingga 30 kali.

“Dengan demikian penumpang akan merasa lebih baik dan percaya diri untuk terbang, karena ada sistem terkoordinasi yang dirancang untuk menjaga dari Covid-19,” kata Corporate Communication Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam rilis tertulisnya, Senin (29/6/20).

HEPA bekerja dengan sistem menyaring dan membuat sirkukasi ulang dari kabin dan membaurkannya dengan udara bersih dari luar pesawat. Sebagian udara daru dalam dibuang ke luar kabin, sisanya dipompa melalui filter udara.

Baca Juga:
Lion Air Group Jalankan Physical Distancing di Pesawat

HEPA filter bekerja efektif dengan tingkat 99,9 persen menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur. Setelah partikel-partikel itu hilang, udara kembali didistribusijan ke kabin. HEPA filter itu diterapkan di semua pesawat Boeing

“Perputaran sirkulasi udaranya berlangsung cepat. Setiap dua hingga tiga menit sekali, atau 20 hingga 30 kali tiap jam,” kata Danang.

Teknologi lain yang membuat kualitas udara di kabin aman ialah material komposit di kabin pesawat yang menjaga kelembapan sehingga mengurangi efek dehidrasi, kondisi kering dan tidak berkarat.

Baca Juga:
Persiapan Wajib Sebelum Naik Lion Air Group

Peningkatan kebersihan pesawat Lion Air Group dilakukan secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC). Kegiatan tersebut dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandara tempat pesawat Lion Air Group berada.

Pengerjaan kebersihan meliputi ruang kemudi, dapur, kamar kecil, pintu, wastafel, tempat sampah, alas makan dan pegangannya, fasilitas hiburan, pegangan rak pembuka bagasi kabin, lampu di atas kepala penumlang, ventilasi udara, tombol panggilan, sandaran kursi, penutup tempat duduk, sabuk pengaman, sandarab kepala tempat duduk, karpet, lantai, jendela dan penutupnya, ruang kargo dan lain-lain.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin