Home Kepulauan Riau Batam Siapkan SDM, 35 Pelaku Wisata Batam Dilatih Kelola Destinasi

Siapkan SDM, 35 Pelaku Wisata Batam Dilatih Kelola Destinasi

Pelaku Wisata Batam
Disbudpar Batam menggelar pelatihan bagi pelaku wisata selama tiga hari, 13-15 September 2021. (F: Disbudpar Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Sebanyak 35 pelaku wisata Batam dilatih kelola destinasi pariwisata. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam mulai 13-15 September 2021.

Sebelumnya, pada 8-10 September lalu, Disbudpar Batam juga telah melakukan pelatihan kepada 40 pelaku wisata. Pelatihan pertama bertema Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Digitalisasi Destinasi Pariwisata.

Untuk pelatihan kedua ini temanya Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi, dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata.

Baca Juga:

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata mengatakan, peserta pelatihan ini terdiri dari pelaku wisata, pemilik dan pengurus destinasi wisata.

“Mereka diberikan pengetahuan bagaimana mengelola pariwisata juga bagaimana mengemasnya dengan baik,” katanya, Senin (13/9/21).

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata sehingga terwujud pelayanan yang baik dalam indusri pariwisata di Batam.

“Pelatihan ini adalah upaya pemerintah dalam mempersiapkan pelaku pariwisata agar setelah Covid-19 berakhir kita siap menerima kunjungan wisatawan kembali,” ujarnya.

Ardi mengatakan Community Based Tourism (CBT) atau wisata berbasis komunitas sudah saatnya menyiapkan diri. Dia berharap materi yang disampaikan oleh narasumber bisa diterapkan di destinasi wisata masing-masing.

Baca Juga:

Baca Juga:

Menurut Ardi, wawasan tentang kebersihan sangat penting. Sebab tempat wisata wajib bersih sehingga pengunjung pun nyaman. Apalagi jika sampahnya pun dapat dikelola dengan baik maka akan menjadi nilai tambah.

“Seperti sampah plastik yang bisa dibuat kerajinan seperti tas, tempat tisu, dan sebagainya,” kata Ardi.

Mengingat masih masa pandemi Covid-19, Ardi meminta peserta maupun pantia kegiatan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. (asrul)

SebelumnyaKenali Gejala Stroke Sejak Dini Agar Mudah Diatasi
SelanjutnyaBanggar DPRD Kabupaten Blitar Sampaikan Ranperda Perubahan APBD 2021, Kontruksinya Untuk Social and Economic Safety Net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin