Home Kepulauan Riau Sempat Nol Kasus, Natuna Kini Punya 6 Pasien Covid-19

Sempat Nol Kasus, Natuna Kini Punya 6 Pasien Covid-19

Covid-19 Natuna
Foto ilustrasi. Pasien Covid-19 di Kabupaten Natuna tercatat ada enam orang hingga Rabu (14/4/21). (F: labblog.uofmhealth.org)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Tanjungpinang – Kasus Covid-19 di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) muncul lagi. Padahal, daerah itu sempat nol kasus sejak pertengahan Maret hingga pekan pertama April 2021.

Hingga Rabu (14/4/21) lalu, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri mencatat ada enam pasien baru di Kabupaten Natuna. Mereka terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tengku Said Arif Fadillah mengatakan, enam orang pasien Covid-19 di Natuna itu kini sedang menjalani isolasi mandiri.

BACA JUGA : Pasien Covid-19 di Kepri Melonjak Lagi

Mereka terdata sebagai warga Desa Cemaga Tengah, Batu Hitam, dan Sepempang. Dari enam pasien tersebut, lima orang diketahui tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG), sedangkan satu pasien lainnya bergejala ringan.

“Tiga pasien berusia 12 tahun, satu pasien berusia enam tahun, satu pasien lainnya berusia 14 tahun, dan satu lagi berusia 54 tahun,” kata Arif di Tanjungpinang, kemarin.

Pekan lalu, kata Arif, tercatat satu warga Natuna yang terpapar virus corona. Pasien tersebut kemudian meninggal dunia.

Saat ini, total jumlah pasien Covid-19 di Natuna tercatat sebanyak 99 orang. Dari jumlah itu, 90 orang sudah dinyatakan sembuh, dan tiga orang meninggal dunia.

“Sekarang di Natuna jumlah kasus aktif tinggal enam orang,” kata dia.

Karena adanya kasus atau pasien baru itu, Natuna sejak pekan lalu Natuna ditetapkan sebagai Zona Kuning. Padahal hampir dua bulan sebelumnya, Natuna bertahan sebagai daerah dengan status Zona Hijau.

Lingga dan Anambas

Selain Natuna, kata Arif Fadillah, kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Lingga. Sejak muncul satu kasus baru, dua daerah itu yang selama dua bulan terakhir tercatat sebagai Zona Hijau, kini berubah menjadi Zona Kuning penyebaran Covid-19.

BACA JUGA : Zona Covid-19 Kepri: Lingga dan Anambas Masih Hijau, Natuna Jadi Kuning

Data Satgas Covid-19 Kepri, total jumlah pasien corona di Anambas mencapai 104 orang, sebanyak 102 orang di antaranya sembuh, dan satu orang meninggal dunia. Saat ini tinggal satu kasus aktif.

Sementara di Lingga tercatat ada 56 pasien dimana 52 orang sudah dinyatakan sembuh, dan tiga orang meninggal dunia. Jumlah kasus aktif di Lingga tinggal satu orang.

“Sedangkan jumlah kasus aktif di Karimun tinggal 18 orang, Bintan 27 orang, Tanjungpinang 182 orang dan Batam 253 orang,” kata Arif.

“Dengan munculnya kasus-kasus baru ini, kami mengajak seluruh masyarakat untuk tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan. Jangan lengah, kita belum sepenuhnya terbebas dari ancaman virus corona,” pungkas Arif yang juga Sekda Kepri itu.

*****

Editor : YB Trisna

SebelumnyaInterpol dan DLH Batam Bahas Pencemaran Minyak di Laut Kepri
SelanjutnyaWarga Kepri Waspada! Ada Virus B1525 Masuk dari Malaysia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin