Home Kepulauan Riau Batam

Sempat Koma 18 Hari, Pasien Covid-19 Batam Sembuh

64
Pasien Covid-19 Sembuh
Adriansyah, pasien Covid-19 yang sempat koma selama 18 hari di RSUD Batam dinyatakan sembuh, Senin (8/6/20). (F: barakata.id/istimewa)

Barakata.id, Batam – Seorang pasien Covid-19 di Kota Batam, Adriansah (34) dinyatakan sembuh dari virus corona, Senin (8/6/20). Ia sempat mengalami koma selama 18 hari saat dirawat di RSUD Embung Fatimah, Batam.

Hari ini (kemarin) pasien bernama Adriansyah sudah dipulangkan ke tempat tinggalnya,” kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi di Batam Centre, kemarin.

Baca Juga :
11 Pasien Covid-19 di Batam Sembuh

Ia mengatakan, saat perawatan, pasien akan dipastikan negatif dengan cara swab minimal dua kali. Jika dengan berturut-turun dinyatakan negatif baru diproses untuk pemulangan.

Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Dr. drg. Sri Rupiati, M.Si menuturkan, Adriansyah pertama kali masuk ruang perawatan di RSUD Batam pada 15 Mei 2020 pukul 10.00 WIB.

Baca Juga :
Data Covid-19 Batam Terbaru: 128 Positif, 41 Sembuh, 11 Meninggal

Saat itu kondisinya kritis turun kesadaran, atau koma akibat penyakit pnyertanya yaitu pneumonia dan kondisi paru.

Karena kondisi yang parah, akhirnya ia dipindah ke ruang isolasi pukul 21.30 WIB malam, lalu pada 17 Mei 2020, pukul 15.00 WIB dipindah lagi ke ICU.

“Hari ini kami umumkan, Pak Adriansyah dinyatakan sembuh dari Covid-19,” ujar Sri.

Baca Juga :
Pasien Covid-19 Kota Batam 25 Mei 2020: Positif 90, Sembuh 34, Meninggal 8

Rudi melanjutkan, Tim Gugus Tugas memastikan semua pasien Covid-19 yang sembuh langsung diantar hingga ke rumah. Petugas juga terus memantau pasien agar tetap menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari setelah dinyatakan sembuh.

“Ini sudah tugas kita, saat dinyatakan sembuh tidak begitu saja kita pulangkan. Ada prosesnya dan diantar langsung oleh petugas hingga ke rumah pasien,” ujarnya.

Rudi menjelaskan, hingga 8 Juni 2020, sudah ada 64 pasien yang sembuh dari total 159 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam.

Baca Juga :
Gejala, Penyebaran, Penanganan dan Penyembuhan Covid-19

Mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan, Rudi mengimbau agar warga Batam tetap mengikuti anjuran pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Tetap di rumah saja dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup,” kata dia.

Selain Adriansyah, pada Senin kemarin juga ada dua pasien sembuh dari Covid-19. Mereka adalah Timotius (68), pasien nomor 129 Kota Batam. Yang kedua adalah Magdalena (61) pasien nomor 130. Keduanya dirawat di RS Elisabeth Batamcentre sejak tanggal 29 Mei 2020.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin