Home Warta Arena

Semifinal Liga Eropa: Lacazette Dua Gol, Arsenal Bungkam Valencia

55

London – Arsenal sukses memanfaatkan laga kandang saat menjamu Valencia di Emirates Stadium pada leg pertama semifinal Liga Eropa, Jumat (3/5/19) dini hari WIB. The Gunners menang 3-1 atas tim asal Spanyol itu.

Dua gol Alexandre Lacazette dan satu dari Pierre-Emerick Aubamenyang hanya bisa dibalas satu gol Valencia melalui M Diakhaby. Arsenal pun berpeluang tampil di babak final jika mampu mengamankan kemenangan ini di partai kedua di Estadio Mestalla, pekan depan.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, para pemain The Gunners langsung tampil menekan. Beberapa kali tercipta peluang, tapi tak ada yang berbuah gol karena ketatnya barisan pertahanan Valencia.

Keasikan menyerang, Arsenal malah bobol lebih dulu. Di menit ke-11, Mouctar Diakhaby sukses menyundul bola ke gawang Arsenal yang dikawal Petr Cech.

Tertinggal satu gol membuat Mesut Ozil dkk semakin ngotot menyerang. Tak butuh waktu lama, Alexandre Lacazette mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-17 setelah menerima bola sodoran dari Pierre-Emerick Aubamenyang.

Arsenal berbalik unggul usai Lacazette mencetak gol keduanya di pertandingan itu pada menit ke-25. Menerima umpan matang dari Granit Xhaka, Lacazette menanduk bola yang tak bisa dijangkau oleh oleh kiper Valencia, Neto.

Setelah keunggulan itu, para pemain Arsenal semakin berani menyerang. Banyak peluang bagus mereka ciptakan, tapi tak ada yang terkonversi menjadi gol.

Valencia bukannya tanpa peluang. Sejumlah kesempatan jelang permainan berakhir, penyerang Valencia nyaris membuat gol. Tapi hingga babak pertama usai, skor tetap 2-1 untuk Arsenal.

Di babak kedua, Valencia yang berada dalam keadaan tertinggal ganti menekan lini pertahanan Arsenal. Pada menit ke-50, sepak pojok Parejo berhasil diblok, begitu juga dengan sepakan Carlos Soler yang malah membentur Diakhaby.

Ancaman dari Valencia kembali datang di menit ke-72. Daniel Parejo mengirim umpan terobosan yang dimaksudkan untuk Kevin Gameiro, namun upayanya masih belum tepat sasaran.

Dua menit berselang, sundulan Diakhaby juga melambung tinggi di atas gawang​ Arsenal.

Sementara, usaha anak-anak Meriam London untuk mengunci kemenangan berbuah manis. Di menit ke-90, Aubameyang mencatatkan namanya di papan skor. 

Pemain asal Gabon itu sukses memanfaatkan crossing Sead Kolasinac dengan tendangan voli yang menghujam gawang Neto. Arsenal pun menutup pertandingan dengan skor 3-1.

Susunan Pemain:

Arsenal (3-4-3): Petr Cech, Shkodran Mustafi, Laurent Koscielny (Monreal 82’), Sokratis Papastathopoulos; Ainsley Maitland-Niles, Matteo Guendouzi (Torreira 61’), Granit Xhaka, Sead Kolasinac; Mesut Ozil (Mkhitaryan 75’), Pierre-Emerick Aubamenyang, Alexandre Lacazette.

Pelatih: Unai Emery

Valencia (5-4-1): Neto; Facundo Roncaglia, Mouctar Diakhaby, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Cristiano Piccini, Carlos Soler (Wass 71’), Daniel Parejo, Goncalo Guedes (Gameiro 71’); Rodrigo Moreno (Santi Mina 88’).

Pelatih: Marcelino Garcia

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin