Home Warta Arena

Semifinal Liga Champions: Spurs vs Ajax, Duel Dua Pembunuh Raksasa

44

London – Banyak orang tak mengira kalau langkah Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam di Liga Champions musim ini bisa jauh sampai ke semifinal. Dan
Dua langkah lagi, di antara dua tim asal Inggris dan Belanda itu bakal berpeluang meraih trofi juara.

Orang-orang termasuk para pengamat pun takjub dibuat para pemain Spurs dan Ajax di kompetisi paling elit di Benua Eropa ini. Mereka sukses “membunuh” sejumlah tim raksasa dan kandidat juara pada fase penyisihan hingga perempat final.

Padahal, mulanya Spurs dan Ajax hanya dianggap tim pelengkap. Kalaupun ada kejutan, itu hanya sekadar keberuntungan tim kuda hitam.

Tottenham misalnya. Pasukan asuhan Mauricio Pochettino ini berhasil mempecundangi Borrusia Dortmund dua kali di fase 16 besar dengan skor 3-0 di markas dan 1-0 saat tandang.

Di babak 8 besar, Harry Kane dkk sudah ditunggu calon kuat juara Liga Champions 2018/2019, Manchester City. Namun, anak-anak Spurs tak gentar.

Hasilnya, mereka memetik kemenangan di kandang 1-0. Ketika melawat ke Etihad Stadium markas M City, The Lilywhites kembali tampil impresif.

Meski kalah 3-4 dari pasukan Pep Guardiola, tapi para pemain Tottenham tetap bersorak gembira. Mereka lolos ke semifinal karena unggul produktivitas gol tandang dengan agregat 4-4.

Calon lawan Spurs di semifinal, Ajax Amsterdam lebih garang lagi. Tim asuhan Erik ten Hag itu mampu mempermalukan dua klub raksasa yang punya sejarah panjang di Liga Champions; Real Madrid dan Juventus.

Di fase 16 besar, Ajax meladeni permainan menyerang tim tamu dengan sangat cantik di Johan Cruyff Stadium. Hasilnya, Ajax harus puas kalah dengan skor tipis 1-2.

Kekalahan itu seolah menjadi akhir kiprah Ajax di Liga Champions. Tak salah memang anggapan tersebut.

Pasalnya, lawan mereka adalah Real Madrid, sang juara bertahan. Apalagi di kandang sendiri mereka tak mampu meraih poin.

Namun, anak-anak Ajax sukses menjadikan anggapan itu keliru besar. Walau bertanding di Santiago Bernabeu, Ajax dengan perkasanya menghajar Sergio Ramos dkk dengan skor telak 4-1.

Setelah menikmati kemenangan dan tiket ke babak perempat final, Ajax kembali harus melewati tembok kokoh. Kali ini lawan mereka adalah Juventus, tim yang sudah kenyang gelar di hampir semua kompetisi sepakbola di dunia

Melawan Juventus, lini pertahanan Ajax sudah lebih dulu dihantui oleh sosok Cristiano Ronaldo. Bintang Portugal itu memang baru hijrah dari Real Madrid ke Juventus.

Tapi sekali lagi, Ajax membuktikan bahwa sepakbola bukanlah hitung-hitungan di atas kertas. Armada Die Amsterdammers berjaya memaksa Juventus bermain imbang 1-1 saat melawat ke Allianz Stadium, markas Juventus.

Kedigdayaan generasi muda Ajax semakin dipertegas dengan hasil kemenangan saat melakoni laga kandang di Amsterdam. Cristiano Ronaldo dkk ditekuk dengan skor 2-1.

Ajax pun berhak melaju ke babak semifinal. Mereka akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur, tim lain yang oleh pengamat sama-sama dijuluki sebagai pembunuh raksasa.

Laga leg pertama semifinal Liga Champions akan dihelat di markas Spurs, nanti malam atau Rabu (1/5/19) dini hari WIB. Ini adalah pembuktian bagi kedua tim, siapa sebenarnya yang berhak menyandang predikat penakluk tim raksasa.

Laga Penuh Kenangan

Laga antara Tottenham dan Ajax juga akan penuh kenangan. Seperti diketahui, dua bek tengah asal Belgia, Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld pernah menjadi benteng pertahanan tangguh Ajax.

Vertonghen meninggalkan Ajax dan bergabung ke Spurs pada 2012. Sementara Alderweireld sebelum merapat ke Spurs sempat bergabung dengan Atletico Madrid pada 2013, dan Southampton. Ia mulai mengenakan kostum Spurs pada 2015.

Pemain lainnya adalah Christian Eriksen. Ia pernah membela De Godenzonen, julukan Ajax sebelum memutuskan hijrak ke Spurs pada 2013. Sejak pindah, baik Suarez dan Coutinho serta para alumni Ajax di Spurs, belum pernah sekalipun bertemu dengan mantan klub yang pernah mereka bela.

Jadwal Semifinal Liga Champions 2018/2019

Leg Pertama (30 April dan 1 Mei)

Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam
Barcelona vs Liverpool

Leg Kedua (7 dan 8 Mei)

Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur
Liverpool vs Barcelona

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin