Home Kepulauan Riau Batam Seluruh OPD Pemko Batam Pilah Sampah, Ikuti WCD 2021

Seluruh OPD Pemko Batam Pilah Sampah, Ikuti WCD 2021

OPD Pemko Batam WCD
Pegawai Pemko Batam dari seluruh OPD memilah sampah di rumah dan membawanya ke titik kumpul yang telah ditentukan dalam rangka World Clean up Day 2021. (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam ikuti World Clean up Day (WCD) 2021.

WCD merupakan kegiatan tahunan bersih-bersih dan memilah sampah secara serentak di seluruh Indonesia. WCD di Indonesia ini merupakan program yang dilaksanakan di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri kegiatan ini mendapat dukungan yang baik dari pemerintah Indonesia. Di tahun 2020 lalu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahkan membuat surat dukungan. KLHK bahkan meminta seluruh gubernur, bupati dan wali kota di daerah untuk mendukung aksi ini.

Baca Juga:

Di Batam, kegiatan tersebut seiring dengan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam dalam rangka memasifkan gerakan pilah sampah dari rumah.

“Berkenaan dengan peringatan secara internasional ini, kita gelar tiga hari pemilahan sampah dari rumah yang diikuti oleh seluruh OPD Pemko Batam,” ucap Kepala DLH Batam, Herman Rozie, Rabu (15/9/21).

Herman mengatakan, sejak Rabu hingga Jumat (17/9/21) pegawai Pemko Batam akan membawa sampah yang sudah dipilah untuk dikumpulkan di lokasi yang telah ditentukan.

Untuk OPD di wilayah Sekupang dipusatkan di Kantor DLH Batam, wilayah sekitar Batam Center di Engku Putri dan titik lainnya di Gedung Bersama Pemko Batam.

“Sampah tersebut dikumpulkan, ditimbang dan diserahkan ke bank sampah induk dibawah binaan Ketua PKK Batam, Ibu Marlin Agustina Rudi,” ujar dia.

Herman mengatakan, sejak lama Wali Kota Batam Muhamamd Rudi telah konsen terhadap upaya mewujudkan Batam yang semakin bersih. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 348/DLH/IX/2021.

Baca Juga:

Menurut dia, sampah adalah tanggung jawab bersama. Kegiatan yang dilaksanakan kali ini diharapkan dapat memotivasi banyak pihak.

“Kita peduli kebersihan dan memanfaatkan sampah yang dikumpulkan sehingga mendatangkan nilai ekonomi,” papar dia.

Di luar momentum peringatan World Clean up Day ini, Herman meminta semua pihak untuk tetap peduli terhadap kebersihan Batam. Sehingga terwujud Batam yang bersih dan sehat. (asrul)

SebelumnyaHari Bakti ke-50, BP Batam Adakan Kompetisi Fotografi
SelanjutnyaPentingnya Literasi Digital Bagi Perempuan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin