Home Kepulauan Riau Batam

Sekolah di Batam Mau Dibuka, Sudah Siap?

2651
Sekolah di Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyatakan kegiatan belajar tatap muka di sekolah akan dibuka mulai pertengahan Agustus nanti. (F: barakata.id/istimewa)

Barakata.id, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan membuka kembali belajar tatap muka di sekolah. Saat ini, pemerintah sedang mempersiapkan skema atau teknis pelaksanaannya.

Rencananya, sekolah di Batam akan dibuka mulai pertengahan Agustus nanti.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, pemerintah sudah sepakat untuk melaksanakan kembali belajar tatap muka di sekolah. Untuk teknisnya, saat ini masih digodok oleh tim dari Dinas Pendidikan Kota Batam dan pihak sekolah.

Baca Juga :
Belajar Tatap Muka di Sekolah Akan Dimulai Pertengahan Agustus

“Intinya kita sepakat membuka kembali sekolah,” kata Rudi usai pertemuan dengan kepala sekolah di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (30/7/20) lalu.

“Teknisnya nanti diatur sekolah bersama Kepala Dinas Pendidikan. Nanti hasilnya dilaporkan ke saya, lalu saya teruskan ke Forkopimda. Kalau bisa awal Agustus kita rapatnya,” sambung Rudi.

Ia mengatakan, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan belajar tatap muka di sekolah. Sejumlah skema yang sudah dibahas di antaranya, membatasi jumlah siswa per kelas.

Misalnya, dari maksimal 40 orang per kelas menjadi 20 orang saja.

Baca Juga :
Pemerintah Pusat Kaji Pembukaan Sekolah di Zona Kuning

Jika opsi itu yang dipilih, maka konsekuensinya kegiatan belajar mengajar sekolah harus dibagi menjadi dua waktu yakni pagi dan siang hari.

Atau bisa juga dibuat satu hari sekolah, satu hari tidak, secara bergantian.

“Untuk sekolah yang memang sudah ada dua shift, kelas pagi dan siang, bisa dilaksanakan dengan memperpendek jam belajar. Misal biasanya 6 jam nanti dibuat jadi 3 jam. Tak perlu ada jam istirahat. Setelah belajar, pulang. Saya rasa itu tak masalah, yang penting disiplin,” kata Rudi.

Sudah siapkah Batam?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin