Home Kepulauan Riau Batam

Satu Keluarga di Taman Baloi Positif Covid-19, Jadi Klaster Baru di Batam

9288
Rapid Test
Foto Ilustrasi. Petugas medis mengecek suhu tubuh sebelum melakukan pengembilan sampel darah (rapid test) Covid-19 terhadap sejumlah pedagang di Pasar Botania 2, Batam, Jumat (15/5/20). (F: Teguh Prihatna/barakata.id)

Barakata.id, Batam – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Batam melonjak tajam pada Senin (18/5/20). Ada tambahan 11 orang yang membuat total pasien corona di Batam menjadi 65 orang.

Dari tambahan 11 orang itu, terdapat satu keluarga dan menjadi klaster baru penyebaran virus corona di Batam selain klaster Bengkong dan klaster WNA asal India. Mereka yang terdiri dari suami, istri, dan dua orang anaknya itu tercatat sebagai pasien kasus nomor 58, 59, 60, dan 61.

Baca Juga :
Waspada, Pasien Corona Batam Tambah Lagi 11 Orang

Data keempat orang pasien baru ini didapat dari hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari warga Batam yang sudah lebih dulu terkonfirmasi positif.

Ia adalah pasien kasus nomor 49 yang merupakan anak dari pasien kasus nomor 58 dan 60. Saat ini ia masih dalam perawatan di ruang isolasi rumah sakit swasta di Kota Batam.

Baca Juga :
Lagi, Satu Keluarga di Bengkong Batam Positif Corona

Berikut daftar dan riwayat penyakit yang menyerang klaster satu keluarga ini, yang dikutip barakata.id dari siaran pers Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam:

1. B, 43 tahun

Laki-laki, beralamat di kawasan perumahan Batam Centre, Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota. Ia adalah ayah kandung dari kasus terkonfirmasi positif nomor 49 yang saat ini masih dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Kawasan Baloi Lubukbaja.

Pada tanggal 14 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan RDT kepada seluruh keluarga pasien kasus nomor 49 dengan hasil Non-Reaktif. Kemudian tanggal 15 Mei 2020 dilanjutkan dengan pemeriksaan swab tenggorokan, yang hasilnya diketahui pada 18 Mei dengan kesimpulan Positif Covid-19.

Baca Juga :
Satu Keluarga di Bengkong Batam Positif Corona

Dengan demikian, B resmi dinyatakan sebagai pasien Covid-19 Kota Batam dan tercatat sebagai kasus nomor 58.

Pengakuan B kepada Tim Gugus Tugas, ia memiliki riwayat penyakit jantung dan secara rutin melakukan kontrol ke salah satu rumah sakit swasta di Kawasan Baloi, Lubukbaja, Batam.

Baca Juga :
Data 5 Pasien Positif Corona Baru di Batam, Tertular dari WNA dan Bengkong

Ia pun mengaku dalam beberapa hari belakangan, tidak pernah memiliki riwayat perjalanan keluar daerah. Saat ini kondisinya dalam keadaan cukup baik dan stabil serta tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Ia kini telah menjalani perawatan di ruang isolasi di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin