Home Warta Sandiaga Uno Ajak SMSI Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno Ajak SMSI Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno SMSI
Menparekraf Sandiaga Uno
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengajak Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) membangkitkan kembali pariwisata Indonesia. Pariwisata menjadi sektor yang paling terpukul di masa pandemi Cobid-19.

Saat ini, SMSI menaungi sekitar 1.224 perusahaan media daring atau siber di seluruh wilayah Indonesia.

Sandi Uno melihat hal tersebut sebagai kekuatan besar yang dapat memulihkan kembali sektor pariwisata Tanah Air.

Baca Juga : Pemerintah Aktifkan Polisi Siber Mulai 2021, SMSI: Silakan, Kami Tak Khawatir

Sandi bahkan menyebut SMSI sebagai organisasi media terbesar di dunia, mengingat banyaknya anggota yang bergabung di dalamnya.

“SMSI yang anggotanya mencapai 1.224 media siber ini sangat luar biasa. Ini (SMSI) saya nobatkan sebagai organisasi perusahaan pers terbesar di dunia,” kata Menparekraf  saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional yang digelar SMSI secara virtual, Rabu (3/2/21).

Seminar yang mengusung tema Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kebangkitan Ekonomi Kreatif (PENKEK Pasca-Pandemi) ini digelar sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Menurut Sandi, jika setiap media di dalam SMSI ikut aktif mempromosikan pariwisata di masing-masing daerah, hal itu akan sangat membantu pemerintah.

“Peran wartawan dan perusahaan media sangat penting dan dibutuhkan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata kita,” kata dia.

”Melihat kondisi saat ini terdapat 34 juta lapangan kerja yang hidupnya di sektor pariwisata. Dan ini yang kami inginkan dari teman-teman pers,” sambung pria yang dikenal sebagai pengusaha nasional ini.

Sandi menyebutkan, media siber punya peran yang sangat strategis dan bisa melakukan langkah kolaborasi dalam tiga pilar di Kemenparekraf yaitu Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi.

Baca Juga : Kunjungi Kepri, Misi Sandiaga Selamatkan Industri Pariwisata

Selain Menparekraf, hadir juga sebagai narasumber pada seminar tersebut Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Airin Rachmi Diany, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)  Mardani H Maming dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali Gede Pramana mewakili Gubernur Bali.

Seminar itu juga diikuti para ketua umum dan pengurus Asosiasi Pariwisata (PHRI, ASITA, AKPI, ASPPI, Cendikiawan Pariwisata, HPI, ASPINDO, PUTRI, MPI, HPP, HHRMA, IFBEC) serta pengurus pusat, pengurus provinsi/kabupaten/kota SMSI se-Indonesia.

Sandiaga Uno SMSI
Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kebangkitan Ekonomi Kreatif (PENKEK Pasca-Pandemi) SMSI, Rabu (3/2/21).

Pada kesempatan itu, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia yang juga Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengakui  pentingnya berkolaborasi dengan media massa dalam mempublikasikan berbagai program pemerintah di masa pandemi Covid-19 ini.

“Termasuk untuk memajukan berbagai sektor pembangunan seperti pariwisata dan ekonomi kreatif. Peran media atau pers sangat penting,” katanya.

Hal senada disampaikan H Maming. Ia menegaskan, dunia usaha ekonomi kreatif harus bergandengan tangan dengan media massa.

“Sebab media itu sangat penting perannya dalam membangun informasi yang positif ke masyarakat untuk meningkatkan dan memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata,” kata mantan Bupati Tanahbumbu, Kalimantan Selatan itu.

Baca Juga : Sandiaga Apresiasi Penerapan Prokes di Hang Nadim

Pentingnya peran media siber dalam mengangkat kembali sektor pariwisata juga diakui Pramana Gede.

“Untuk mempromosikan pariwisata di Bali tidak terlepas dari peran media siber ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus mengatakan peringatan HPN 2021 terasa sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ketika dunia belum dilanda wabah Covid-19.

“Di tengah kemerosotan semua bidang usaha akibat virus corona, SMSI bersama 1.224 anggota yang terdiri dari perusahaan media siber, berusaha tetap bergandeng tangan supaya tidak terporak-porandakan akibat Covid-19,” katanya.

“Para anggota SMSI punya tugas penting dalam usahanya, yaitu menjaga semangat diri sendiri, dan menyebarkan informasi yang membawa semangat serta harapan baru untuk masyarakat,” pungkas Firdaus.

*****

Editor : YB Trisna

SebelumnyaCegah Covid-19, Satlantas Polres Tanjungbalai Gelar Public Speaking
SelanjutnyaCapaian MCP Belum Maksimal, KPK Ingatkan Pemkab Asahan Agar Serius

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin