Home Kepulauan Riau Batam

Salut, Begini Proses Evakuasi Pasien Positif Corona oleh Tim Puskesmas Tanjunguncang Batam

283
Kasus Covid-19 Batam
Ilustrasi. Petugas medis Puskesmas Tanjunguncang bersiap untuk mengevakuasi pasien positif corona dari Rusun Tanjunguncang menuju RSUD Embung Fatimah, Batam, Kamis (7/5/20) malam. (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Batam – Banyak orang-orang tangguh yang saat ini berdiri di garis depan melawan virus corona (Covid-19). Salah satunya adalah para petugas medis yang berhadapan langsung dengan virus tersebut.

Peran tenaga medis sangat besar dalam ‘perang’ melawan Covid-19 ini. Mereka nyaris tak punya waktu untuk berleha-leha.

Setiap saat, para tenaga medis itu dituntut untuk selalu siap berjibaku baik saat melakukan penelusuran mencari orang-orang yang diduga terpapar virus maupun ketika melakukan evakuasi terhadap pasien positif Covid-19.

Baca Juga :
56 Pasien Corona di Kepri Sembuh, 26 Masih Positif

Karena peran mereka yang sangat vital itulah, para tenaga medis kini dianggap sebagai ‘pahlawan utama’ dalam perang melawan Covid-19. Kerja-kerja mereka layak mendapat dukungan penuh bukan hanya dari pemerintah tapi seluruh masyarakat.

Salah satu peran penting tenaga medis itu terlihat ketika lima orang tim dari Puskesmas Tanjunguncang Batam melakukan evakuasi terhadap tiga orang warga yang dinyatakan positif Covid-19.

Pasien Positif Corona Batam
Proses evakuasi tiga pasien positif corona dari Rusun Tanjunguncang menuju RSUD Embung Fatimah oleh tim medis Puskesmas Tanjunguncang, Kamis (7/5/20) malam. (F: barakata.id/istimewa)

Di saat orang lain mungkin sedang menikmati waktu-waktu berbuka puasa di bulan Ramadan, berkumpul bersama keluarga tercinta, sejumlah petugas medis Puskesmas Tanjunguncang justru harus menjalankan pekerjaan penuh risiko, Kamis (7/5/20) malam.

Baca Juga :
15 Kru KM Kelud, Pasien Corona di RS Galang Batam Sembuh

Mereka harus memindahkan tiga pasien positif corona dari lokasi karantina di Rusun Tanjunguncang dan membawanya ke ruang isolasi Tun Sundari di RSUD Embung Fatimah, Batam. Kamis (7/5/20) sekitar pukul 20.00, mereka sudah siap di lokasi rusun untuk proses evakuasi.

Untuk diketahui, tiga pasien positif corona itu adalah kasus nomor 37, 38 dan 39 yang terdiri dari seorang ibu dan dua anaknya. Mereka adalah warga Bengkong Sadai yang merupakan keluarga dari pasien kasus nomor 35, yang telah meninggal dunia beberapa hari sebelumnya.

“Tindakan ini dilakukan setelah hasil tes menunjukkan mereka positif Covid-19, akibat kontak dekat dengan pasien nomor 35,” kata Diah Komalasari S.Kep, Kepala Puskesmas Tanjunguncang.

Usai pasien dievakuasi, rusun disterilkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin