Sah, Weni Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Tanjungpinang

328
Yuniarni Pustoko Weni didampingi Ade Angga dan Hendra Jaya menerima palu pimpinan DPRD Tanjungpinang dari Ketua Sementara Agus Djurianto, Senin (7710/19). Weni adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPRD. (F: Barakata.id/Ist)

Barakata.id, Tanjungpinang – Yuniarni Pustoko Weni mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat Ketua DPRD Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Legislator PDI Perjuangan itu akan memimpin lembaga wakil rakyat tersebut hingga 2024 mendatang.

Selama memimpin sampai lima tahun nanti, Weni didampingi oleh wakil ketua yakni Ade Angga dari Partai Golkar, dan Hendra Jaya dari Partai NasDem.

Baca Juga : Suria, Adik Wali Kota Tanjungpinang Ditangkap Polisi Narkoba

Mereka sudah dilantik sebagai pimpinan pada rapat paripurna terbuka, Senin (7/10/19).

“Jabatan ini adalah amanah. Saya akan laksanakan sebaik-baiknya tanggung jawab ini,” kata Weni seusai prosesi pelantikan pimpinan DPRD Tanjungpinang.

Weni merupakan istri dari Lis Darmansyah, mantan Ketua DPRD Tanjungpinang. Lis juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Tanjungpinang periode 2013-2018.

Yuniarni Pustoko Weni

Weni sendiri pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kepri periode 2014-2019. Ia “mengalah” saat suaminya mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kepri pada Pemilu 2019.

“Saya dan suami saya saling mendukung dalam melaksanakan tugas di DPRD,” kata Weni, yang juga Ketua DPC PDIP Tanjungpinang.

Baca Juga : Pasukan Oranye Tanjungpinang Berharap Naik Gaji

Ia mengatakan 16 dari 30 caleg terpilih merupakan wajah baru. Mereka berasal dari 12 partai.

Sebanyak 11 politisi perempuan diperkirakan duduk sebagai anggota legislatif berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019.

“Jumlah caleg perempuan pada Pemilu 2019 di ibu kota Kepulauan Riau melebihi 30 persen keterwakilan perempuan,” ucapnya.

Rapat paripurna itu dibuka oleh Ketua Sementara Agus Djurianto bersama Wakil Ketua Sementara Ade Angga, dan dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, serta Wakil Wali Kota Tanjungpinang Rahma.

Turut hadir juga, Wali Kota Tanjungpinang periode 2003-2013 Suryatati A Manan, Wali Kota Tanjungpinang periode 2013-2018 Lis Darmansyah, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang periode 2004-2009 Bobby Jayanto, Ketua DPRD periode 2009-2019, serta Wakil Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Provinsi Kepri Yan Fitri Halimansyah.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini