Home Kepulauan Riau

Sah, Isdianto Resmi Dilantik Jokowi Jadi Gubernur Kepri

98
Isdianto foto bersama dengan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin usai pelantikannya sebagai Gubernur Kepri di Istana Negara, Senin (27/7/20). (F: YouTube/Sekretariat Presiden)

Barakata.id- Isdianto telah resmi menjadi Gubernur Kepri. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Isdianto untuk sisa jabatan 2016-2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/7/20) setelah zuhur.

Pelantikan yang disiarkan secara live melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden itu banjir ucapan selamat. Banyak juga yang menuliskan harapan atas kemajuan Kepri di kolom live chat replay.

Acara pelantikan tidak terlalu ramai. Pejabat yang tampak hadir dalam acara tersebut antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Selebihnya adalah petugas dan pengawal saja.

Baca Juga:
Isdianto Dilantik Jadi Gubernur Definitif 27 Juli, Gubernur Kepri ke-5

Pelantikan diawali dengan penyerahan petikan pepres oleh kepala negara kepada Isdianto di kompleks Istana Kepresidenan.

Kemudian dilanjutkan dengan proses kirab. Isdianto hanya didampingi Jokowi, Wakil Presiden Maruf Amin dan empat petugas pengawal kirab. Mereka berjalan kaki menuju Istana Negara dengan tetap menjaga jarak antara satu dengan lainnya.

Sampai di Istana Negara, masing-masing menempati posisi. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara kemudian membacakan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 71/P/220 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kepri Sisa Masa Jabatan periode 2016-2021. Kepress tersebut menjadi dasar atas pengangkatan Isdianto sebagai Gubernur Kepri.

Jokowi kemudian menanyakan kesediaan Isdianto mengucapkan sumpah.

“Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?,” kata Jokowi.

“Bersedia,” jawab Isdianto.

Jokowi kemudian meminta Isdianto mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakannya. Isdianto disumpah dengan cara Islam menggunakan Al Quran.

Baca Juga:
PILKADA KEPRI: Pencalonan Isdianto Ditentukan PKS

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, dengan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Jokowi yang diikuti Isdianto.

Usai pelantikan, Isdianto melakukan sesi foto bersama dan mendapat ucapan selamat dari Jokowi tanpa bersalaman.

Setelah 12 bulan lebih menjabat pelaksana tugas, Isdianto akhirnya dilantik menjadi Gubernur Kepri definitif yang sah. Posisi itu ditempatinya lantaran Gubernur Kepri Nurdin Basirun duduk di kursi pesakitan.

Nurdin ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus suap dan gratifikasi terkait izin pemanfaatan ruang laut di Kepri.

****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin