Rudi: Batam Terapkan Karantina per Zona, Bukan Lockdown

Wali Kota Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi memimpin rapat koordinasi gabungan terkait penanganan Covid-19 di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Selasa (31/3/20).

Menurut Rudi, dalam konsep lockdown, pemerintah harus memikirkan sekaligus menyiapkan pembiayaan selama penutupan wilayah itu berlangsung. Misalnya, kebutuhan makanan dan bahan pokok lain untuk warganya.

Begitu pula soal lalu lintas orang, baik dari dan ke daerah lain di dalam negeri maupun pergerakan orang dari dan ke luar negeri. Termasuk lalu lalang manusia di dalam wilayah Batam, mengingat kondisi geografis kita ini merupakan daerah kepulauan.

“Dan perlu diketahui juga, sebagai wali kota, saya hanya memiliki kewenangan untuk mengurusi wilayah Batam, Rempang, dan Galang saja,” kata Rudi.

Baca Juga :
6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

Pria yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini menegaskan, terkait izin keluar masuk orang melalui pintu masuk internasional (bandara dan pelabuhan) merupakan kewenangan pemerintah pusat.

Sementara, untuk izin pelabuhan antar kabupaten/kota merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Ini perlu kita ketahui bersama. Jadi, yang bisa saya lakukan, benar-benar sesuai dengan kewenangan saya,” kata dia.

Baca Juga :
Apindo Dukung Penerapan Semi Lockdown di Batam

Selebihnya, lanjut Rudi, pihaknya akan melaporkan ke jenjang atas yakni Gubernur Kepri, Menteri Dalam Negeri hingga Presiden RI.

Pada kesempatan itu, Rudi kembali berpesan kepada seluruh masyarakat Batam agar selalu mematuhi imbauan pemerintah. Ia mengingatkan bahwa ‘perang’ melawan virus corona ini harus dihadapi bersama-sama, tidak bisa sendiri atau sekelompok orang saja.

“Jaga kesehatan kita, kesehatan keluarga dan lingkungan. Terapkan pola hidup sehat, jaga lingkungan tetap bersih. Berdiam di rumah, jangan keluarga rumah kalau tak ada kepentingan mendesak,” pungkasnya.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin