Home Kepulauan Riau Batam

Rudi Ajak Warga Batam Jadi Relawan Cegah Corona

147
Muhammad Rudi
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan keterangan pers tentang perkembangan penanganan Covid-19 di Batam, beberapa waktu lalu. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengajak masyarakat ikut menjadi relawan untuk mencegah penyebaran virus corona. Tugas relawan adalah melakukan penyisiran dan mendata warga yang memiliki gejala awal serangan Covid-19.

“Perekrutan relawan ini berkaitan dengan upaya pemerintah untuk melakukan penyisiran ke sejumlah lokasi di Batam untuk mengecek warga yang kemungkinan terjangkit virus corona atau Covid-19,” kata Rudi dalam siaran pers, Minggu (22/3/20) malam.

Baca Juga :
Pasien Positif Corona di Batam Bertambah, Satu Meninggal

Karena itu, Rudi yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini mengimbau kepada seluruh masyarakat Batam untuk:

1. Bersedia menjadi relawan dalam Program Lawan Corona, yang mana mulai Senin, 23 Maret 2020 akan diturunkan ke seluruh lokasi.

Relawan akan melakukan pengecekan kesehatan terutama gejala-gejala, seperti demam, batuk kering, mudah lelah, dan lainnya (gejala-gejala terinfeksi virus corona).

Relawan juga akan mendata warga yang mempunyai riwayat perjalanan dalam 14 (empat belas hari terakhir) dari negara-negara atau daerah-daerah yang terjangkit Covid-19.

2. Apabila ada warga yang bersedia untuk menjadi relawan dalam Program Lawan Corona tersebut bisa menghubungi Hotline 112,

3. Seluruh masyarakat Batam agar menghindari membuat keramaian dan hadir dalam keramaian.

Baca Juga :
Kabar Duka, Pasien Positif Corona di RSUD Batam Meninggal

Intensifkan penyisiran warga

Rudi mengatakan, tim pemerintah bersama dengan relawan segera mengintensifkan penyisiran ke pemukiman masyarakat atau tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat.

Penyisiran sudah dilakukan sejak Sabtu dan akan diintensifkan mulai Senin (23/3/20). Penyisiran akan dilakukan sampai semua masyarakat Batam dengan gejala-gejala dan riwayat perjalanan sebagaimana disebutkan di atas, terdata.

Relawan akan bergandengan tangan dengan petugas dari kecamatan dan puskesmas. Bagi yang ingin menjadi relawan dalam penyisiran ini, bisa menghubungi kecamatan masing-masing.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin