Home Kepulauan Riau

RSKI Galang Siap Terima Pasien Covid-19 dari Luar Batam

29
Covid-19 Batam
Para pasien di RS Khusus Corona Galang, Batam, menjalani aktivitas berjemur dan olahraga, Sabtu (6/6/20). (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, JAKARTA – Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 (RSKI) Pulau Galang siap menerima pasien dari luar Batam seiring makin lengkapnya fasilitas medis di sana.

Hal itu diungkapkan Mayor Jenderal TNI Irwansyah, Pangdam I/ Bukit Barisan, dalam konferensi pers, Jumat (17/7/2020). Dia mengatakan bahwa saat ini RSKI Pulau Galang sudah mengajukan tambahan tenaga kesehatan serta fasilitas pendukung untuk tenaga kesehatan dan pasien untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Adanya rencana pengiriman pasien dari luar wilayah Batam, RSKI Pulau Galang sudah mengajukan tambahan 50 personil tenaga kesehatan ke kementerian Kesehatan, beserta perlengkapan pasien. Jadi pasien dari luar Pulau Galang bisa dirawat di sini juga,” kata Irwansyah dilansir Kantor Berita Antara, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga:

RSKI Galang Butuh Alat Olahraga dan Sarana Hiburan

Irwansyah menyebutkan, terkait evakuasi pasien dari luar Pulau Galang, seperti dari Surabaya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Mabes TNI dan Kemenkes untuk melengkapi tenaga kesehatan seperti dokter spesialis anak, spesialis paru, dan anastesi.

Selain itu, RSKI Pulau Galang juga akan berkoordinasi dengan Mabes TNI dan Kementerian Kesehatan untuk menyediakan kebutuhan untuk tenaga kesehatan baik medis dan nonmedis seperti alat olahraga dan hiburan.

“Semua peralatan dan fasilitas yang ada sudah bisa digunakan dengan baik. Harapannya, kalau ada tambahan fasilitas, bisa menjaga moril para tenaga kesehatan yang bertugas di sana,” ungkapnya.

Baca Juga:

RS Corona Galang Butuh Pasokan Pangan dan Vitamin

Saat ini RSKI Pulau Galang sudah merawat 434 pasen konfirmasi Covid-19 dengan perincian 370 orang sudah sehat dan dipulangkan, 62 orang dirawat, dan dalam rujukan 2 orang.

Provinsi Kepulauan Riau sendiri, per Kamis (16/7/2020), tidak mencatat adanya tambahan kasus positif baru dan tambahan kasus meninggal, sedangkan 6 orang dinyatakan sembuh. Adapun, total kasus positif Covid-19 di Kepulauan Riau mencapai 341 orang, dengan 301 kasus sembuh dan dan 16 meninggal.

***
Editor: Candra Gunawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin