Home Kepulauan Riau

RSKI Galang Butuh Alat Olahraga dan Sarana Hiburan

33
RS Khusus Corona Galang
Tim Lawan Covid-19 Kepri di Batam berdiskusi dengan Tim RS Khusus Corona Galang di area kanton rumah sakit itu, Sabtu (6/6/20). (F: barakata.id/istimewa)

Barakata.id, JAKARTA – Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kota Batam, membutuhkan sejumlah fasilitas tambahan agar siap menerima pasien dari luar Batam.

Mayor Jenderal TNI Irwansyah, Pangdam I/ Bukit Barisan, menjelaskan RSKI membutuhkan tambahan fasilitas baik paramedis maupun non medis. Fasilitas yang dibutuhkan itu termasuk alat olahraga dan hiburan.

Pasalnya, jelas dia, fasilitas tersebut diperlukan untuk memberikan dukungan moril bagi tenaga kesehatan yang bertugas di RSKI.

“Moril tenaga kesehatan yang bertugas di sana diharapkan tetap terjaga dan tetap semangat membantu para pasien Covid-19,” jelasnya dalam konferensi pers, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga:

Cari Kerja di Batam, Warga Surabaya dan Riau Malah Jadi Pasien Covid-19

RSKI Pulau Galang dibangun di atas area seluas 80 hektare dan sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti laboratorium, kamar jenazah, gedung skrining, laundry, farmasi, helipad, power house, dan asrama untuk tenaga kesehatan. Rumah sakit ini memiliki daya tampung sampai 360 orang dengan 20 di antaranya untuk unit perawatan intensif atau intensive care unit (ICU).

Irwansyah menuturkan saat ini RSKI Pulau Galang sudah mendapatkan bantuan 1 alat PCR dan 2 alat bilik swab yang sudah terpasang dan telah uji fungsi. Pihak RSKI Pulau Galang juga sudah melatih tenaga operatornya sehingga alat tersebut bisa digunakan secara maksimal.

Dengan begitu, jelasnya, diharapkan rumah sakit ini siap untuk menampung pasien dari daerah lain.

“Rencana ke depan, RSKI Pulau Galang juga sudah siap menerima rujukan dari manapun. Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemda Batam untuk memaksimalkan fungsi RS ini sehingga RS di Batam lainnya bisa digunakan untuk pelayanan pasien non Covid-19,” imbuhnya dilansir bisnis.com

Baca Juga:

UPDATE COVID-19: Separuh Batam Sudah Zona Hijau

RSKI Pulau Galang diresmikan pada 6 April oleh Presiden Joko Widodo. Hingga hari ini, rumah sakit itu tercatat telah merawat 434 orang yakni masih dirawat sebanyak 62 orang, dipulangkan 370 orang dan masih dalam rujukan 2 orang.

“Mayoritas pasien merupakan penduduk Batam dan sekitarnya, ada juga dari warga negara asing yang berdomisili dan bekerja di Batam,” jelas Irwansyah.

***

Editor: Candra Gunawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin