Home Warta Dunia Ribuan Warga India Disuntik Vaksin Palsu dari Air Garam

Ribuan Warga India Disuntik Vaksin Palsu dari Air Garam

93
Vaksin Palsu di India
Ilustrasi. (F: Pixabay)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Dunia- Ribuan orang kena tipu. Mereka jadi korban, disuntik vaksin palsu di India. Peristiwa tersebut terjadi di Mumbai, negara bagian Maharsahtra.

Dilansir dari CNN International, pemerintah setempat menangkap sejumlah oknum dokter dan pekerja medis karena terlibat dalam kejadian tersebut.


Tak tanggung-tanggung vaksin palsu itu menyebar di 12 lokasi vaksinasi. pejabat senior departemen kepolisian Mumbai, Vishal Thakur mengungkapkan para oknum tenaga kesehatan itu menggunakan air garam dan menyuntikkannya ke warga.

Baca Juga:

“Diperkirakan 2.500 orang diberikan vaksin palsu,” ujarnya, dikutip Selasa (6/7/21).

Warga India saat ini memang berbondong-bondong mencari vaksin akibat serangan Covid-19 yang menggila di negara tersebut. Tak hanya menipu warga dengan vaksin palsu, para oknum tenaga kesehatan itu juga memungut biaya vaksinasi kepada warga.

Keuntungan yang dihasilkan dari tindakan ilegal itu sebesar US$28.000 (sekitar Rp405 juta). Selain menangkap 14 orang pelaku, penipuan itu juga melibatkan rumah sakit. Diperkirakan akan lebih banyak lagi orang yang terseret sebagai tersangka.

“Polisi akan terus menyelidiki orang lain yang terlibat dalam penipuan,” kata Thakur.

Pihak polisi menyebut kejadian itu sebagai konspirasi kriminal dan percobaan pembunuhan.

Baca Juga:

Dilansir dari data CNN-News 18, keberadaan vaksin palsu di India memang sudah beredar sejak akhir Mei dan awal Juni. Namun, sejauh ini belum ada laporan gejala berat akibat penipuan tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri India Narendra Modi telah mengumumkan vaksin diberikan gratis kepada warga. Hal itu dalam rangka percepatan vaksin. Dalam sehari Pemerintah India memvaksin 8 juta warganya.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin