Home Kepulauan Riau Tanjungpinang

Ribuan Orang Padati Festival Lampion

11
Festival Lampion
Masyarakat memadati lokasi perayaan Festival Lampion Tanjungpinang. F Humas Provinsi Kepri.

Barakata.id – Ribuan orang ramaikan festival lampion di Tanjungpinang, Sabtu (10/9/2022). Festival ini merupakan rangkain dari perayaan hari jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau. 

Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan, mulai dari tarian, penampilan angklung, atraksi silat, barongsai, dan singa barong. 

Ketua DPD Asosiasi Pariwisata Nasional  (Asparnas) Kepri Mulyadi Tan mengatakan Festival Lampion merupakan budaya dari masyarakat Tionghoa, yang dirayakan setiap tahunnya pada hari ke-15 bulan pertama kalender Tionghoa. 

Baca juga : Amenitas Bertambah dan Even Mulai Ramai, Amsakar: Pariwisata Makin Menggeliat

“Festival ini yang menandai berakhirnya perayaan Tahun Baru Imlek yaitu perayaan Cap Go Meh,” kata Mulyadi. 

Tingginya animo masyarakat menyaksikan festival lampion ini. Mulyadi menargetkan agar festival lampion masuk dalam kalender even pariwisata nasional. Sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisman maupun wisnus ke Tanjungpinang. 

“Mereka akan lihat keragaman kebudayaan ini,” ujar Mulyadi. 

Baca juga : Ansar Gesa Revitalisasi Penyengat Demi Pariwisata

Gubernur Ansar mengatakan festival ini sebagai ajang mempromosikan kota Tanjungpinang, sebagai salah satu destinasi wisata multi budaya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kabupaten atau kota lainnya, yang ada di Provinsi Kepri. 

Kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Kota Tua Tanjungpinang. “Ansar mengatakan kota tua jadi tampak bedelau. Harapannnya semakin banyak turis yang datang ke Tanjungpinang,” tuturnya. 

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin