Home Nusantara Resmikan Kampung Pancasila, Dandim Blitar : Nilai Pancasila Sebagai Motivator Ide Kreatif...

Resmikan Kampung Pancasila, Dandim Blitar : Nilai Pancasila Sebagai Motivator Ide Kreatif Milenial

Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Forkompinda gunting pita
Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Forkompinda gunting pita, bertanda Desa Gaprang, Kecamatan Kanigoro Resmi menjadi Kampung Pancasila. (foto : achmad/barakata.id)

Barakata.id, Blitar – Kampung Pancasila ini merupakan pilot project dalam pengamalan sila-sila dalam Pancasila. Hal ini disampaikan Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono usai meresmikan ‘Kampung Pancasila’ di Desa Gaprang, Kecamatan Kanigoro, bersama Bupati Blitar Rini Syarifah pada Senin (21/3/2022).

Dandim Didin menjelaskan, bahwa dengan adanya program Kampung Pancasila per kecamatan, maka, masyarakat bisa merajut Kebhinekaan Pancasila mulai dari tingkat kecil dalam kehidupan sehari-hari.

“Kebetulan di Desa Gaprang ini terdapat komunitas 3 agama dalam satu jalur. Nanti disinilah yang kita tunjukkan kepada masyarakat, bahwa persatuan itu dirajut dari tingkat kecil, mulai tingkat tetangga, tingkat RT/ RW sampai kampung atau desa,” ungkapnya.

Baca juga : Bupati Blitar Launching Kampung Pancasila, Jangan Hafal Silanya Saja!

Lebih lanjut Dandim juga menjelaskan melalui Kampung Pancasila kita berupaya lebih melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila, di samping itu masyarakat juga bisa menunjukkan bagaimana bisa meningkatkan taraf perekonomian, persatuan dan kesatuan, guna mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Kampung Pancasila ini adalah untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada masyarakat guna melaksanakan apa saja yang tertuang dan tercantum dalam Pancasila, khususnya kepada generasi muda (milineal) agar mampu menjadi motivator melalui ide-ide kreatif yang berguna bagi masyarakat.

Baca juga : PMII Blitar Geruduk Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Ada Apa?

“Itulah yang nanti kita harapkan guna meningkatkan kerukunan hidup dan kemakmuran masyarakat yang mengarah kepada Pancasila,” pungkasnya.

(jun)

IKLAN BP BINTAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin