Home Kepulauan Riau Batam

Resmi Dimulai, 240 Peserta Ikuti STQ Kota Batam

STQ Kota Batam
STQ Batam resmi dibuka dengan tabuhan kompang, Selasa (16/3/21) malam. (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id, Batam- Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VIII tingkat Kota Batam 2021 resmi dimulai, Selasa (16/3/21). Kegiatan yang digelar di Dataran Engku Putri ini akan diselenggarakan hingga Sabtu (20/3/21) mendatang.

Peserta STQ tingkat Kota Batam ini merupakan peserta terbaik dari STQ tingkat kecamatan yang telah digelar beberapa waktu lalu.

“Setiap kecamatan masing-masing 20 orang,” kata Ketua Panitia STQ VIII tingkat Kota Batam, Jefridin Hamid.

Baca Juga:

Jefridin mengatakan STQ kali ini terdiri dari enam cabang lomba. Pertama, cabang tilawah Al Quran, meliputi golongan anak-anak putra dan putri serta golongan dewasa putra dan putri.

Kedua, cabang tahfidz Al Quran meliputi golongan 1 jus dan tilawah putra dan putri, golongan 5 juz dan tilawah putra dan putri, golongan 10 juz putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri dan golongan 30 juz putra dan putri.

Ketiga, cabang Tafsir Al-Quran meliputi golongan bahasa Arab putra dan putri. Keempat, cabang musabaqah hadist nabi meliputi golongan hafalan 100 hadits dengan sanad putra dan putri serta golongan hafalan 100 hadits tanpa sanad putra dan putri. Kelima cabang qasidah rebana dan keenam, cabang stand bazar.

Jefridin mengatakan, STQ VIII Batam merupakan wahana silaturahmi yang efektif. Sekaligus sebagai upaya membangkitkan kecintaan umat Islam terhadap Al Quran.

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, menerjemahkan, menghafal, menafsirkan, memahami dan mengamlan isi kandungan Al Quran dan hadis di kalangan umat Islam,” ujarnya.

Selain itu juga untuk mencari kader qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, mufassir dan mufassirah yang berkualitas.

Jefridin juga memastikan, acara tersebut dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan. Bahkan seluruh peserta dan dewan hakim wajib melampirkan hasil rapid test bebas Covid-19.

“Pengunjung dibatasi dengan jarak, wajib memakai masker dan cek suhu,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Batam Muhamamd Rudi mengatakan lima tahun lalu saat baru menjabat menjadi Wali Kota, Batam berhasil menjadi juara umum STQ tingkat Provinsi Kepri.

Momentum mengawali periode kedua memimpin Batam ini, Rudi bertekad ingin mengembalikan pencapaian juara umum kembali ke Kota Batam. Untuk itu dia meminta STQ VII Btam dijalankan dengan baik dan adil.

“Sebab, seleksi ini akan menghasilkan wakil dari kafiah Batam untuk berlomba di STQ Kepri,” ujarnya.

Rudi memaknai STQ merupakan momentum menyemai prestasi, syiar Islam hingga erat kaitannya dengan visi Batam Madani.

Baca Juga:

“Kami bahkan telah sepakat akan memberikan hadiah tambahan. Mari bawa juara umum ke Batam kembali,” kata dia.

Seleksi yang adil menjadi poin penting dalam STQ. Hal itu diungkapkan pula oleh Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina. Dia meminta Rudi untuk tidak khawatir terkait penjurian yang adil di STQ Kepri mendatang.

“Kami akan melibatkan dewan juri yang betul-betul ahli di bidangnya,” kata Marlin yang akan dilantik menjadi Ketua LPTQ Provinsi Kepri dalam waktu dekat.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin