Home Nusantara

Rekonstruksi Penembakan 6 Laskar FPI Digelar di 4 Titik, Gerbang Tol Karawang Ditutup

Penembakan Laskar FPI
Sejumlah petugas kepolisian sedang melakukan persiapan rekonstruksi kejadian di Kilometer 50 jalan Tol Jakarta-Cikampek. (F: ANTARA/Ali Khumaini/am)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id, Karawang – Kepolisian menggelar rekonstruksi kasus penembakan yang menewaskan 6 orang Laskar Front Pembela Islam (FPI) di jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50. Rekonstruksi dilaksanakan di empat titik pada Minggu (13/12/20) hingga Senin (14/12/20) dini hari.

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra saat memimpin apel persiapan rekonstruksi di Mapolres Karawang mengatakan, rekonstruksi kejadian di Kilometer 50 jalan Tol Jakarta-Cikampek digelar di empat titik. Ia mengatakan, rekonstruksi digelar pada waktu yang sama saat kejadian.

Ada ratusan personel kepolisian yang dilibatkan dalam kegiatan rekonstruksi kasus penembakan enam anggota ormas pimpinan Habib Rizieq Shihab tersebut. Personel yang terlibat dalam kegiatan rekonstruksi itu terlihat berangkat ke lokasi sekitar pukul 24.00 WIB.

Advertisement

Baca Juga :

Rama menegaskan, selama kegiatan rekonstruksi lokasi harus steril. Karena banyak petugas yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut, termasuk jajaran kepolisian Lalu Lintas, baik dari Polres Karawang maupun dari Polda Metro Jaya.

“Seluruh personel disebar di sejumlah titik untuk memastikan sterilnya lokasi rekonstruksi,” katanya seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Senin (14/12/20).

Gerbang tol ditutup

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan, untuk kelancaran kegiatan rekonstruksi penembakan Laskar FPI ini, pihaknya melakukan pengaturan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Gerbang Tol Karawang Barat pun ditutup untuk sementara saat kegiatan rekonstruksi berlangsung di di Kilometer jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50 wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin dini hari.

Baca Juga :

Kegiatan rekonstruksi di jalan Tol Jakarta-Cikampek digelar dengan pengawalan ratusan aparat kepolisian dari Polres Karawang, Polda Jabar, dan Polda Metro Jaya.

Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, petugas Lalu Lintas disebar di sejumlah titik agar kegiatan rekonstruksi berjalan lancar. Ia menyampaikan, ada empat titik lokasi rekonstruksi.

“Dari empat titik itu ada titik ruas tol. Jadi untuk kelancaran kegiatan rekonstruksi itu dilakukan penutupan Gerbang Tol Karawang Barat,” ujarnya.

Baca Juga :

Seperti diberitakan sebelumnya, Penyidik Kepolisian Daerah Metro Jaya sebelumnya menembak mati 6 orang pendukung Habib Rizieq Shihab di Tol Cikampek Kilometer 50. Menurut keterangan Kapolda Metro Jaya, Jenderal Mohammad Fadil Imran, polisi menembak keenam orang itu karena melakukan upaya menyerang petugas.

“Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang, kemudian melakukan tindakan tegas terukur. Sehingga terhadap kelompok MRS (Muhammad Rizieq Shihab) yang berjumlah 10 orang, meninggal dunia sebanyak 6 orang,” ujar Fadil Imran dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (7/12/20).

Menurut Fadil, penembakan kepada 6 anggota FPI berawal saat polisi melakukan pengintaian terhadap mereka. Sesampainya di lokasi, mobil penyidik dipepet dan diserang menggunakan senjata api dan senjata tajam.

Dengan alasan membela diri, Fadil mengatakan anggotanya yang berjumlah 6 orang melakukan penembakan, hingga mengakibatkan 6 orang anggota FPI tewas.

******

Editor : YB Trisna

 

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin