Home Kepulauan Riau Batam

Ratusan Polisi Siaga di Engku Putri, Massa Buruh Batam Belum Datang

83
Demo Buruh
Kantor Wali Kota Batam, Jalan Engku Putri Yang akan menjadi titik pusat aksi demo buruh se-Batam, Senin (2/3/20). (F: Yuri B Trisna/Barakata.id)

Barakata.id, Batam – Aksi demo buruh se-Kota Batam akan digelar pagi ini, Senin (2/3/20) di depan Kantor DPRD dan Pemko Batam, Jalan Tengku Putri, Batam Centre. Kabarnya, ada sekitar 20 ribu lebih Massa buruh yang bakal hadir.

Pantauan di lokasi demo, sejak pukul 07.00 WIB tadi, ratusan personel polisi dari Polresta Barelang dan Polda Kepri sudah siaga. Sejumlah kendaraan pengamanan juga telah siap berbaris di depan kantor Pemko Batam.

Pagar kawat berduri juga telah siap untuk dibentang di depan kantor Pemko Batam.

Sementara, akses jalan masih dibuka, lalu lintas pun terbilang lancar.

Kebetulan, pagi ini Pemko Batam juga menggelar apel bulanan. Hal itu membuat sepanjang ruas jalan Engku Putri dipadati oleh mobil milik para pegawai Pemko Batam.

Baca Juga :
Hari Ini Ribuan Buruh Demo di Kantor Pemko dan DPRD Batam

Apel bulanan merupakan upacara rutin yang diikuti oleh seluruh lintas OPD dan Pemko Batam.

Ratusan mobil memenuhi sejumlah titik jalan di pusat pemerintahan Kota Batam itu. Mulai dari simpang Masjid Agung hingga depan Kantor Bank Indonesia, penuh dengan aneka jenis mobil terparkir.

Begitu juga di depan Asrama Haji Batam, hingga ke halaman DPRD Batam, nyaris tak ada sisa lagi, karena ruang parkirnya dipenuhi mobil dan motor.

Kapolresta Barelang Pimpin Apel

Demo Buruh
Kapolresta Barelang, AKBP Purwadi Wahyu Anggoro memberi arahan kepara para personel Yang akan engamankan aksi buruh di halaman Kantor DPRD Batam, Senin (2/3/20). (F: Yuri B Trisna/Barakata.id)

Sementara para pegawai Pemko Batam mengikuti apel di Dataran Engku Putri, Kapolresta Barelang, AKBP Purwadi Wahyu Anggoro memimpin apel pagi di halaman kantor DPRD Batam.

Apel persiapan pengamanan aksi itu itu diikuti puluhan personel Polresta Barelang, mulai dari Brimob, Polwan hingga Dit Samapta.

Dalam arahannya, Kapolresta Barelang mengajak para personel agar ikhlas menjalankan tugas pengamanan aksi buruh pagi ini.

Ia ingin demo berjalan aman, nyaman, lancar dan tidak anarkis. Untuk itu, ia menekankan agar para personel mengedepankan cara-cara persuasif, cara damai dan ramah.

“Ajak saudara-saudara kita itu (buruh) bicara, apa tuntutan mereka. Jaga mereka supaya aspirasinya tersampaikan. Kita harus ikhlas melaksanakan tugas ini,” katanya.

Baca Juga :
Buruh Batam Demo Tolak Revisi UU 13/2003

Purwadi Wahyu mengatakan, mengimbau para personel yang bertugas supaya dapat melayani massa yang berunjuk rasa dengan baik.

“Kita antisipasi agar aksi ini berjalan aman, lancar, tidak anarkis, dan tidak mengganggu kegiatan masyarakat lainnya,” tegasnya.

Hingga pukul 08.30 WIB, Massa buruh belum tiba di lokasi aksi. Informasi di lapangan, para buruh sudah mulai bergerak dari berbagai titik kumpul.

Berdasarkan surat pemberitahuan ke Polresta Barelang, massa buruh akan bergerak dari titik kumpul di Simpang Batuampar, Simpang Panbil, Simpang Seiharapan, Kawasan Industrial Taiwan, Simpang Basecamp, dan Simpang Panbil Mukakuning.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin