Home Ekonomi PT SJMK Batam Ekspor Perdana Kepiting Bakau ke China

PT SJMK Batam Ekspor Perdana Kepiting Bakau ke China

0
0
Ekspor Kepiting Batam
Kepala BP Batam yang juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi melepas ekspor perdana kepiting bakau hasil budidaya PT SMK di kantor Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (31/1/24). (F: barakata.id/ist)
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – PT Sumber Jaya Makmur Kelautan (SJMK) Batam melakukan ekspor perdana komoditas kepiting bakau hasil budidaya ke China. Pelepasan ekspor dilakukan oleh Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi.

Pelepasan ekspor perdana itu dilaksanakan di Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (31/1/24). Kepiting bakau hasil pembudayaan di Tanjung Piayu yang diekspor ke China ini senilai Rp17.368.450.

artikel perempuan

Meskipun jumlahnya tidak besar, Rudi mengajak semua pihak bangga karena ekspor perdana ini menjadi awal mula untuk ekspor kepiting bakau lainnya ke negeri tirai bambu.

“Artinya, jika ada awal tentu ada kelanjutan. Kelanjutannya ini yang perlu kita kejar kedepannya,” ujarnya.

BACA JUGA : PT Ciomas Adisatwa Ekspor Perdana 359.699 Ekor Ayam Hidup ke Singapura

Ia mengajak masyarakat Batam lebih terpacu lagi dalam pembudidayaan kepiting bakau. Rudi berharap, ke depannya Batam bisa menjadi daerah ekpsortir tertinggi di Indonesia dalam mengekspor kepiting bakau.

Rudi menegaskan, BP Batam maupun Pemko Batam, akan mendukung penuh pembudidaya kepiting bakau di Batam. Sebagaimana diketahui Batam mempunyai lebih dari 300 pulau yang dapat dikembangkan untuk membudidayakan kepiting bakau.

“Intinya niat, kalau ada niat semua akan berjalan. Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancar. Karena kita ingin, semua sektor yang ada di dunia bisa disediakan di Batam. Sehingga Batam akan menjadi Kota Baru yang modern,” imbuhnya.

BACA JUGA : Nilai Ekspor Batam Meroket, Rudi: Ekonomi Menggeliat

Di tempat yang sama, Kepala Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Kepulauan Riau (BKHIT Kepri), Herwintarti mengatakan, keberhasilan ekspor perdana kepiting bakau ini berkat kolaborasi serta kerjasama di Batam yang telah terbangun selama ini. Ia berharap, ekspor ini dapat terus berlanjut dan mampu mengejar target yang diminta Kepala BP Batam.

Dimana, pada ekspor perdana ini, kepiting bakau yang diekspor sebesar Rp17 juta, namun ke depannya bisa meningkat hingga Rp 17 triliun. Target ini tegasnya, juga merupakan komitmen dari BKHIT Kepri untuk dapat mendorong hilirisasi produk-produk unggulan yang berasal dari Batam. Sehingga, kedepannya Batam tidak hanya sebagai transit, namun Batam juga sebagai sumber penghasil ekspor.

“Tentunya harapan kami, dengan kita berkolaborasi dapat segera mengekspor komiditas-komoditas unggulan dari Batam,” kata dia. (feb)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin