Home Kepulauan Riau Anambas Provinsi Kepri Menuju Zona Hijau Covid-19

Provinsi Kepri Menuju Zona Hijau Covid-19

79
Kasus Positif Covid-19 Kepri
Penyuntikan vaksin Covid-19 dosis kedua di lingkungan Pemprov Kepri, Kamis (28/1/21) di Gedung Daerah, Tanjungpinang. (F: barakata.id/Ist)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam – Perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Kepri (Kepulauan Riau) cukup menggembirakan dengan terus menurunnya jumlah kasus baru. Harapan agar Kepri menjadi zona hijau kasus Covid-19 pun membuncah.

Ketua Harian Satgas Penegakkan Disiplin Pencegahan Covid-19 Provinsi Kepri, Cecep Yudiana mengatakan, kondisi terbaru, ada kecenderungan untuk beberapa wilayah seperti Kabupaten Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas memasuki zona hijau. Kecenderungan itu setelah melihat rendahnya kasus baru Covid-19 di daerah-daerah tersebut.


“Kalau penegakan disiplin protokol kesehatan bisa kita lakukan maksimal, Insya Allah penyebaran Covid-19 di Kepri bisa kita tekan sampai titik terendah,” kata Cecep dalam rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kepri di Graha Kepri, Batam, Sabtu (13/3/21).

BACA JUGA : Zona Covid-19 Kepri: Lima Daerah Oranye, Dua Kuning

Untuk menyukseskan penegakan disiplin protokol kesehatan itu, Cecep meminta bantuan TNI, Polri, Satpol PP dan seluruh stakeholder untuk ikut secara aktif mengajak masyarakat.

“Bantuan semua pihak sangat berharga demi suksesnya program ini,” kata dia.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Kepri per 14 Maret 2021, jumlah kasus aktif di Kepri tercatat 255 kasus. Dengan sebaran per daerah; Kota Batam 111 kasus, Tanjungpinang 59, Kabupaten Karimun 11, Anambas 6, Lingga 8, Natuna 1, dan Bintan 59 kasus.

Persentase kesembuhan pasien Covid-19 di Kepri juga terpantau sangat tinggi, lebih dari 94 persen.

Dari 8.513 jumlah kasus terkonfirmasi (pasien) yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten di Kepri, hingga 14 Maret 2021 pagi tercatat sudah 8.048 pasien yang dinyatakan sembuh. Kemudian 93 pasien masih dirawat, dan 162 pasien masih menjalani karantina/isolasi.

Gubernur: Jangan Terlena

Ansar Ahmad
Gubernur Kepri Ansar Ahmad memimpin rapat FKPD tentang penanganan Covid-19 di Garaha Kepri, Batam, Sabtu (13/3/21). (F: barakata.id)

Dalam rapat FKPD itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengingatkan seluruh elemen masyarakat agar jangan terlena dengan terus menurunnya kasus Covid-19. Meski ini adalah kabar gembira, tapi ia mengimbau masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Kita tentu sangat ingin seluruh daerah di Kepri ini terbebas dari virus corona. Karena itu, kesadaran dan disiplin yang tinggi dari kita semua tentang pentingnya pencegahan dini penyebaran Covid-19 sangat penting,” katanya.

“Kalau Kepri sehat, Insyaa Allah ekonomi akan kuat dan program recovery economy akan berhasil seperti yang sudah diprogramkan,” sambung Ansar Ahmad.

BACA JUGA : 1.000 TNI dan Polri se Kepri Divaksin Covid-19

Ansar menegaskan, pihaknya memprogramkan awal April akan dimulai dibuka beberapa kawasan wisata di Bintan dan Batam bagi wisatawan asing maupun domestik. Selain menerjunkan langsung Satgas Penegakkan Disiplin Pencegahan Covid 19, Pemprov Kepri juga akan menggelar vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan masyarakat yang tinggal di sekitar daerah wisata.

“Ini penting untuk menumbuhkan kepercayaan publik di dalam dan luar negeri bahwa berkunjung ke Kepri itu aman. Kita sangat berkepentingan bagi bangkitnya wisata Kepri yang merupakan salah satu sektor yang berkontribusi bagi recovery economy secara menyeluruh,” kata dia.

Tampak hadir pada rapat itu di antaranya, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Wakil Gubernur Marlin Agustina, Sekdaprov Arif Fadillah, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, Danrem 033 Wira Pratama Kepri Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Kepala Kejati Kepri Hari Setiyono, sejumlah OPD dan beberapa instansi yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

******

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin