Home Tekno

Ponsel Kamu Hilang atau Dicuri? Begini Cara Melacak dengan Google

483
cara melacak ponsel yang hilang
Sumber Foto : www.techradar.com

Barakata.id, Batam – Sebagian dari kita pasti akan panik dan bingung ketika ponsel hilang atau dicuri. Berbagai upaya akan dilakukan agar ponsel yang kita sayang kembali ke tangan kita.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak keberadaan ponsel tersebut, salah satunya melalui nomer IMEI ponsel.

Namun hal tersebut akan merepotkan karena kita harus menghubungi pihak berwenang baik kepolisian dan pengembang. Soalnya database IMEI milik ponsel yang kita gunakan terhubung dengan SIM Card kartu operator seluler.

Itu dikarenakan hal semacam ini masih berbentuk privasi, dan hanya pihak berwajib yang memiliki otoritas khusus yang dapat melacak ponsel yang dicuri atau hilang.

Baca Juga :
5 Cara Mudah dan Cepat Melacak Nomor HP Lewat Google

Ponsel Anda Disadap? Begini Cara Mengetahuinya

Lacak ponsel dengan bantuan Google

Jika kamu menghubungkan ponsel ke Google, hal ini akan sangat membantu untuk melacak ponsel kamu yang hilang atau dicuri. Berikut kami rangkum beberapa cara melacak keberadaan ponsel yang hilang dengan memanfaatkan bantuan Google:

1. Login pada akun Google

Kunjungi link https://www.google.com/android/find Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu ke akun Google yang terhubung ke ponsel yang hilang atau dicuri. Saat kamu berhasil login pada akun “Google Temukan Perangkat Saya” perangkat akan menerima notifikasi.

2. Lihat lokasi ponsel berada

Setelah berhasil login pada akun, kamu segera dapat melihat lokasi terakhir ponsel berada.

3. Putar suara ponsel

Kamu dapat memutar atau mengeringkan suara ponsel jika ponsel yang hilang itu tidak jauh dari sekitar, Perangkat atau ponsel akan berdering selama 5 menit meski dalam mode getar dan senyap atau hening.

4. Amankan perangkat atau ponsel

Apa bila ponselmu dicuri atau tidak ditemukan ketika hilang, kami merekomenndasikan untuk mengamankan data pada ponsel terlebih dahulu. Tujuannya, supaya data pada ponsel yang dicuri atau hilang tidak disalahgunakan.

Caranya, klik pada pilihan amankan perangkat. Pada pilihan “amankan perangkat”, perangkat akan otomatis terkunci dan logout dari akun Google kamu.

Kamu tetap dapat melacak ponsel walaupun sudah logout. Pada pilihan ini kamu dapat meninggalkan pesan dan nomor telepon yang dapat dihubungi pada layar ponsel.

Baca Juga :
Cara agar Akun Google Terhapus Otomatis Setelah Meninggal Dunia

Mulai Maret, Google Bukan Lagi Mesin Pencari Utama di Android

5. Hapus perangkat

Ketika kamu memilih “Hapus Perangkat”, semua data pada ponsel akan dihapus secara permanen atau ponsel akan diriset ke setelan pabrik. “Temukan Perangkat Saya” tidak akan berfungsi pada perangkat.

Kamu tidak dapat melakukan tahap 2 sampai 4 seperti melihat lokasi ponsel berada, putar suara ponsel dan amankan perangkat atau ponsel.

Langkah-langkah di atas dilakukan saat ponsel dalam keadaan online. Jika ponsel offline, penghapusan akan dimulai saat ponsel online kembali.

Bagaimana, mudah bukan? Setelah mengetahui tahapan-tahapan seperti di atas, semoga kamu tidak panik atau bingung lagi mencari cara melacak dan menemukan keberadaan ponsel kamu yang hilang.

Selamat mencoba.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin