Home Kepulauan Riau Batam

Polresta Barelang Rebus 29 Kg Sabu, Lalu Dibuang ke Septic Tank

48
Polresta Barelang
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Prasetyo ikut memasukkan sabu ke dalam dandang berisi air panas, Senin (3/2/20). (F: Barakata.I'd/Humas Polresta Barelang)

Barakata.id, Batam – Jajaran Polresta Barelang melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 29,085 gram di halaman Kantor Satres Narkoba, Batam, Senin (3/2/20) pukul 09.30 WIB. Puluhan kilogram (kg) sabu itu dimusnahkan dengan cara direbus lalu dibuang ke dalam saluran septic tank.

Pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba itu dipimpin oleh Kapolresta Barelang, Kombes Pol Prasetyo Rahcmad Purboyo, SIK., MH. Turut hadir sejumlah pimpinan instansi terkait seperti Ketua Pengadilan Negeri Batam Jasael Manulang, Ketua Kejari Batam Dedie Tria Haryadi, Kepala BPOM Batam Yosep Dwi Irawan, Ketua Granat, dan pejabat fi lingkungan Polresta Barelang.

Baca Juga :
Kurir Narkoba Jaringan Malaysia Ditangkap di Batam, Bawa Sabu 1 Kg

Dalam keterangannya, Kombes Prasetyo mengatakan, sabu seberat 29.085 gram itu disita dari dua perkara berbeda. Pertama dari tersangka SP sebanyak 406 gram. Kemudian dari tersangka JN Dan kawan-kawan sebanyak 28.679 gram.

Kedua perkara itu, saat ini masih dalam proses penyidikan Sat Res Narkoba Polresta Barelang.

“Dalam waktu dekat kedua perkara akan diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum atau Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam,” katanya.

Beberapa barang bukti masih dalam keadaan terbungkus plastik sebagaimana saat dilakukan penangkapan. Beberapa pihak, termasuk jurnalis yang meliput diminta ikut membuka bungkusan sabu untuk memastikan bahwa barang bukti yang akan dimusnahkan itu adalah asli.

Polresta Barelang
Pemusnahan barang bukti sabu seberat 29 kg di Mapolresta Barelang, Senin (3/2/20).(F: Barakata.id)

Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara direbus dengan menggunakan dua buah dandang besar. Kemudian diaduk-aduk hingga menyatu dengan air, dan setelah itu airnya dibuang ke saluran septic tank.

Baca Juga :
Bawa Sabu 19 Kg dengan Kapal, Dua Pengedar Ditangkap di Pantai Bintan

Kapolresta Barelang menegaskan, pemusnahan barang bukti adalah amanah undang-undang sebagaimana tertuang dalam Pasal 91 (2) UU Nomor 35 Tahun 2009.

“Pengungkapan kasus narkotika ini juga menjadi salah satu bukti keseriusan negara khususnya Polresta Barelang dalam memberantas dan menghentikan peredaran narkoba,” katanya.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin