Home Warta Nusantara Polisi di Tegal Ambil Alih Pemakaman Jenazah Positif Covid-19. Ini Alasanya!

Polisi di Tegal Ambil Alih Pemakaman Jenazah Positif Covid-19. Ini Alasanya!

15
Tiga orang anggota Polisi di Tegal terlibat langsung pemakaman jenazah positif covid-19, setelah kurang lebih tiga jam menunggu petugas pemakaman tak kunjung datang, Sabtu (21/11/2020). Foto: Istimewa

Barakata.id, Tegal – Tiga orang anggota Polisi dari Polsek Sumurpanggang, Polres Tegal Kota turut serta memakamkan jenazah pasien positif Covid-19 di TPU Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal.

Keputusan itu diambil, lantaran kurang lebih tiga jam menunggu petugas pemakaman jenazah tak kunjung tiba di lokasi. Ketiga anggota polisi itu awalnya bertugas mengamankan lokasi sejak pukul 07.30 WIB.

Baca juga: 

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo bahwa ketiga anggotanya terlibat langsung pemakaman terhadap jenazah positif covid-19.

“Iya benar, tadi ada pemakaman pasien terkonfirmasi Covid-19 di TPU Al Izzah Jalan M. Toha Kelurahan Kaligangsa, Margadana, yang terpaksa dilakukan anggota kami,” kata  AKBP Rita Wulandari Wibowo, Sabtu (21/11/2020).

Rita mengungkapkan, pemakaman terhadap jenazah pasien positif Covid-19 berinisial SR (65) warga Kelurahan Krandon, Kecamatan Margadana dilaksanakan dengan pedoman dan standar protokol Covid-19.

Awalnya, SR meninggal dunia pada hari Jumat (20/11/2020) sekitar pukul 20.36 WIB di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dan dibawa ke Tegal menggunakan mobil Ambulans.

Baca juga:

Bersama sopir ambulans, pemakaman akhirnya selesai sekitar pukul 09.30 WIB dengan pengawasan seorang pejabat Dinas Kesehatan, dan anggota keluarga pasien.

“Walaupun pemakaman ini resikonya sangat tinggi, demi kemanusiaan akhirnya Polri hadir membantu pemakaman tersebut,” terangnya.

Rita mengungkapkan, anggota yang terjun langsung dalam pemakaman adalah Bripka Listyawan Anggota Unit Intel, Brigadir Satria Pinandita dari anggota unit Lantas dan Bripda Ketut Rizky Putra anggota unit Lantas.

“Karena jenazah sudah lama berada di makam dan menunggu petugas hampir tiga jam. Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan selanjutnya pemakaman diambil alih oleh anggota Polsek Sumurpanggang,” jelasnya.

*****

Editor: Ali Mhd
Sumber: tribunnews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin