Home Kepulauan Riau Polda Kepri Tangkap Dua Penyelundup Mikol di Dapur 12 Batam

Polda Kepri Tangkap Dua Penyelundup Mikol di Dapur 12 Batam

Polda Kepri
Polda Kepri menggagalkan penyelundupan mikol berbagai merek di perairan Dapur 12, Sagulung, Batam, Selasa (9/2/21). (F: barakata.id/ist)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam – Ditpolairud Polda Kepri mengamankan KM Carolina lantaran menyelundupkan mikol dan rokok Batam ke Pekanbaru, Riau. Polisi juga meringkus dua tersangka yakni nakhoda dan anak buah kapal (ABK) KM Carolina.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, Ditpolairud Polda Kepri menangkap kapal itu lantaran belayar dan membawa barang tanpa dilengkapi surat persetujuan berlayar dan dokumen.

“Barang-barang itu dibawa tanpa dilengkapi dengan dokumen Kepabeanan,” kata Harry di Mapolda Kepri, Rabu (10/2/21).

Baca Juga : Ditpolairud Polda Kepri Gagalkan Penyelundupan Rokok dan Mikol dari Batam ke Pekanbaru

Dari hasil pengembangan, polisi mengamankan dua orang tersangka berinisial SL alias S dan inisial RS. Polisi juga menyita barang bukti berupa satu unit Kkapal kayu KM Carolina, dan 2 lembar Pas Kecil KM Corolina.

Barang bukti lain adalah, minuman beralkohol merk Carlsberg warna hijau sebanyak 200 case/kotak, mikol merk Carlsberg warna merah sebanyak 100 Ccse/kotak, mikol merk Tiger sebanyak 100 case/kotak, mikol merk Red Label sebanyak 20 kotak, mikol merk Martell sebanyak 13 kotak, mikol merk Carlo Rossi sebanyak 5 kotak, dan mikol merk Hennessy sebanyak 1 kotak.

“Kemudian barang bukti lain adalah rokok merk H Mild sebanyak 3 kotak. Selanjutnya, dua tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mako Ditpolairud Polda Kepri” kata Harry.

Ia mengatakan, menindaklanjuti hasil tangkapan mikol dan rokok Batam yang mau diselundupkan ke Pekanbaru tersebut, tim 2 Subdit Gakkum Dit Polairud Polda Kepri langsung menyerahkan perkara tersebut kepada Petugas KPU Bea dan Cukai Tipe B Kota Batam pada Selasa (9/2/21) pukul 17.50 WIB.

“Perkara itu diserahkan atas dugaan Tindak Pidana Kepabeanan,” pungkas Harry.

Baca Juga : Begal Sopir Transportasi Online, Dua Begal di Batam Diringkus Polda Kepri

Untuk diketahui, KM Carolina diamankan polisi di perairan Dapur 12, Sagulung, Kota Batam, Selasa (9/2/21). Penggagalan upaya penyelundupan ini setelah polisi menerima informasi dari masyarakat bahwa pada Senin (8/2/21) sekira pukul 16.00 WIB ada kapal yang bergerak dari Dapur 12, Batam hendak menuju Pekanbaru dengan membawa barang-barang diduga ilegal.

Setelah menerima informasi itu, tim Ditpolairud Polda Kepri langsung bergerak ke lokasi melakukan pengintaian dan pelacakan yang akhirnya berhasil menangkap KM Carolina.
Di atas kapal itu, polisi juga mengamankan satu orang selaku nahkoda dan satu orang anak buah kapal (ABK).

Kepada petugas, mereka mengakui bahwa KM Carolina berlayar tanpa dilengkapi Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Kapal itu membawa barang dari dapur 12 dengan tujuan Pekanbaru, Riau.

*****

Editor : YB Trisnas

SebelumnyaCuaca Ekstrem, BMKG Minta Masyarakat Waspada
SelanjutnyaAmankan Imlek, Polda Kepri Gelar Operasi Liong Seligi 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin