Home Kepulauan Riau Batam

PLTGU Resmi Beroperasi, PLN Batam Tuntaskan Masalah Kelistrikan

18
PLTGU Batam
PLN Batam resmi mengoperasikan PLTGU di wilayah Tanjunguncang, Batam, Kamis (16/1/20).

Barakata.id, Batam – PT Bright PLN Batam resmi mengoperasikan pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU), Kamis (16/1/20). Pembangkit berkapasitas 120 megawatt (full block) yang berlokasi di Tanjunguncang ini dibangun sejak 2013 dan rampung pada akhir tahun 2019.

Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura mengatakan, pembangunan PLTGU ini sempat molor hingga enam tahun karena berbagai persoalan yang dihadapi selama masa pembangunan.

Pembangkit ini merupakan aset terbesar PLN Bright Batam yang pertama sehingga pengoperasian sangat dinantikan.

“Kita bangun ini untuk antisipasi pertumbuhan permintaan listrik di Batam. Ini harusnya beroperasi 2016 tapi berbagai kendalah baru beroperasi 2019 lalu. Ini aset terbesar PLN Batam,” ujarnya.

Baca Juga :
Begini Cara Ganti Nama di Rekening Listrik PLN Batam

Dijelaskan Dadan, dengan adanya pembangkit baru ini, pembangkit PLN Batam kini memiliki 550 megawatt.

Besar megawatt yang dimiliki ini sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan listrik di Batam.

“Batam beban puncak sebesar 450 megawatt. Ditambah yang baru ini pembangkit yang kita miliki 550 megawat, sehingga masih punya cadang 150 megawatt,” ujarnya.

Direktur Utama PLN Batam, Dadan Kurniadipura (kanan) menekan tombol tanda diresmikannya PLTGU Tanjunguncang, Batuaji, Kamis (16/1/2020).

Pembangunan pembangkit baru ini sambung Dadan, memang harus dilakukan untuk antisipasi lonjakan pemakaian listrik yang berkembang hingga enam persen pertahun.

Dengan angka pertumbuhan yang cukup besar ini tentu PLN harus memiliki cadangan dengan pembangkit yang paling besar dimiliki sebelumnya untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat tadi.

“Ini murni untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Menguatkan aliran listrik dan juga upaya efisiensi biaya produksi,” katanya.

Kekuatan daya listrik yang dimiliki PLN Batam saat ini disebutkan Dadang bisa bertahan hingga tahun 2022 nanti.

“Bagaiman setelah itu. Sekarang kami lagi pikirkan. Kita mau bangun pembangkit besar lagi. Tender akan segera dilakukan dan 2024 harus sudah selesai,” ujar Dadan.

Selain meresmikan PLTGU Tanjunguncang pada kesempatan yang sama jajaran PLN Batam juga secara simbolis meresmikan kantor PLN Batam area Tiban yang juga sudah selesai dibangun.

Kehadiran kantor baru ini juga untuk meningkatkan muttu pelayanan PLN kepada masyarakat.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin