Home Nusantara Asahan

PLN ULP Kisaran Putus Aliran Listrik Diskominfo Asahan

Rahmat Hidayat Siregar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan

Barakata.id, Asahan – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar kesal dengan tindakan pemutusan aliran listrik yang dilakukan pihak PLN ULP Kisaran di Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Asahan pada hari ini, Jum’at (29/1/2021).

“Akibat pemutusan aliran listrik tersebut, saya pastikan jaringan internet yang ada diseluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan juga seluruh Kecamatan lumpuh total dan itu tentunya berimbas terhadap pelayanan kepada masyarakat, termasuk Informasi Covid-19 melalui Ranning Teks juga lumpuh,” ujar Rahmat, Jum’at (29/1/2021).

Padahal jauh sebelum dilakukannya pemutusan, pihaknya telah melayangkan surat permohonan penundaan pembayaran rekening listrik disebabkan proses di Simda dan SIPD belum sinkron yang mengakibatkan pencairan uang belum bisa dilakukan.

Baca juga : Begini Cara Dapatkan Stimulus Listrik Covid-19, Lewat Aplikasi PLN Mobile Lebih Mudah

Rahmat menjelaskan, perubahan aplikasi laporan keuangan yang sebelumnya bernama Simda kini berganti menjadi SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) namun belum bisa digunakan sehingga seluruh Kabupaten/Kota dan Provinsi belum bisa melakukan pembayaran.

Dan untuk mengatasinya, sekarang sudah ada petunjuk dari Menteri agar kembali ke Simda tapi tetap harus dihubungkan ke SIPD.

“Seluruh Pemerintah Daerah di Indonesia masih mengerjakan itu dan belum bisa digunakan karena masih proses,” beber Rahmat.

Baca juga : Cara Gampang Memindahkan Tiang Listrik yang Posisinya Menggangu

Pemutusan aliran listrik ternyata tak hanya dilakukan PLN ULP Kisaran pada Kantor Rahmat saja, menurut informasi yang ia terima PLN ULP Kisaran juga melakukan pemutusan listrik pada RSUD Haji Abdul Manan Simatupang.

Terpisah Manager PT. PLN ULP Kisaran, Rosi Hasibuan saat dikonfirmasi mengungkapkan, untuk hari ini pihaknya melakukan pemutusan listrik di 44 Kantor Pemerintahan antara lain,  Kantor Bupati, Kantor Camat Kisaran Timur, Inspektorat, Kominfo, Koperindag, Kolam Renang, dan perkantoran lainnya.

“Kami sudah bekerja sesuai standar operasional PLN, telah mengeluarkan invoice untuk tagihan kepada Pemkab Asahan namun tidak ditanggapi, sehingga disampaikan surat  pemutusan bila tunggakan tidak dilunasi, dan terakhir dilakukan pemutusan sementara pada hari ini,” terang Rosi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin