Home Warta Ekonomi

PLN Batam Pasang Gardu Khusus Pasok Listrik di RS Corona

87
RS Khusus Corona Galang
Proses pengerjaan renovasi di kawasan bekas kamp Vietnam untuk Rumah Sakit Khusus penanganan virus corona (Covid-19) di Kampung Sijantung, Pulau Galang, Batam, Jumat (20/3/20). (F: Teguh Prihatna/Barakata.id)

Barakata.id, Batam – Bright PLN Batam telah memasang gardu khusus untuk mengaliri listrik di Rumah Sakit Khusus Corona di Pulau Galang, Batam. PLN memastikan siap memenuhi kebutuhan listrik di RS Khusus Corona dan penyakit infeksi lainnya yang dibangun di kawasan bekas kamp pengungsi Vietnam tersebut.

“Gardu sudah kita bangun, jaringan pun sudah kita siapkan, tinggal nunggu on saja. Begitu rumah sakit dioperasionalkan maka aliran listrik juga akan mengalir,” kata Manager CSR Bright PLN Batam, Supriato, kemarin.

Ia mengatakan, gardu portal yang dibangun oleh Bright PLN Batam untuk mengaliri listrik ke rumah sakit tersebut merupakan gardu portal khusus dengan kapasitas yang cukup besar.

“Cukup untuk kebutuhan operasional rumah sakit, termasuk jika rumah sakit tersebut menggunakan peralatan canggih dan labolaturium,” ujar Suprianto.

Baca Juga :
PLN Batam Tanggap Corona, Siaga Jaga Pasokan Listrik untuk Masyarakat

Ia berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaan operasional RS Khusus Corona yang dibangun oleh pemerintah, terlebih berkaitan dengan masalah kelistrikan.

“Kami berupaya semaksimal mungkin, mudah-mudahan tidak ada kendala, sehingga rumah sakit dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan RS Khusus Corona itu sudah bisa beroperasi pada 28 Maret 2020 nanti. Jika sudah beroperasi, maka para pasien yang terjangkit virus corona atau Covid-19 akan mendapat perawatan lebih maksimal.

Baca Juga :
FOTO-FOTO RS Khusus Corona di Pulau Galang

Pembangunan RS Khusus Corona itu diharapkan menjadi jawaban atas kebutuhan pelayanan medis terhadap wabah Covid-19 yang saat ini sedang melanda berbagai daerah di Indonesia termasuk Batam dan Provinsi Kepulauan Riau.

“Nanti, pasien yang dirujuk ke rumah sakit itu bukan hanya dari Batam atau Kepri, tapi juga dari berbagai belahan daerah di Indonesia. Kita harapkan rumah sakit ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” kata Plt Gubernur Kepri, Isdianto saat meninjau ke lokasi, Sabtu (21/3/20) lalu.

Isdianto melanjutkan, untuk kebutuhan air dan listrik di rumah sakit itu, sudah tak ada masalah. Air bersih langsung dialirkan dengan pipa dari waduk di Pulau Rempang ke penampungan di dalam area rumah sakit.

Adapun kebutuhan listrik, sudah mendapat jaminan pasokan dari Bright PLN Batam.

****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin