Home Kepulauan Riau Batam

PLN Batam Borong Penghargaan dari Kemenaker dan Pemprov Kepri

9
PLN Batam
PT bright PLN Batam menerima penghargaan dari Pemprov Kepri. (F: barakata.id/ist)
artikel perempuan

Barakata.id, Batam – PT bright PLN Batam menyabet banyak penghargaan dalam bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI serta 3 penghargaan lain dari Pemprov Kepri. Penghargaan diberikan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, Rudi Prihantara di kawasan Industri Batamindo, Batam, Rabu (29/6/22).

Empat penghargaan yang diraih dari Kemenaker RI di antaranya penghargaan Zero Accident atau kecelakaan nihil atas prestasi dalam melaksanakan program K3 sehingga mencapai 1.200.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak tanggal 1 Januari 2018 sampai 31 Desember 2021.

Kemudian, Penghargaan Zero Accident atau kecelakaan nihil untuk MPP PT PLN Batam unit PLTG Tarahan atas prestasi dalam melaksanakan program K3 sehingga mencapai 528.246 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak tanggal 1 Januari 2016 sampai 31 Desember 2021.

BACA JUGA : Direksi dan Jajaran PLN Batam Dilarang Menerima Bingkisan

Lalu, Perusahaan Penerima Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di tempat kerja dengan kategori Platinum. Kemudian, Sertifikat Penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan hasil pencapaian 86,75 persen untuk kategori Tingkat Lanjutan (166 Kriteria) dan berhak mendapatkan bendera emas.

Sementara itu, penghargaan yang diraih dari Pemprov Kepri ialah Piagam Penghargaan Kecelakaan Nihil untuk PT PLN Batam atas prestasi dalam melaksanakan program K3 sehingga mencapai 1.200.000 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak tanggal 1 Januari 2018 sampai 31 Desember 2021.

Kemudian, Piagam Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja dengan Kategori Platinum. Lalu, Piagam Penghargaan Dalam Menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan Hasil Pencapaian 86,75% untuk Kategori Tingkat Lanjutan.

Executive Vice President of Health Safety and Environment (HSE) PLN Batam, Sufrinaldi Wizar mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen melaksanakan tatakelola K3 di lingkungan perusahaan.

“Ini merupakan capaian yang luar biasa bagi kami. Karena penilaian dilakukan pada masa pandemi dan kami terus melaksanakan kegiatan operasional, bisa mendapatkan apresiasi yang sangat membanggakan,” kata dia.

PLN Batam sebagai penyedia tenaga listrik utama di wilayah Batam dan sekitarnya, dalam menjalankan perannya berkomitmen untuk terus memperhatikan keselamatan kerja dan jam kerja yang aman.

Hal ini dilakukan demi berjalannya operasional yang baik dan optimal. PLN Batam juga fokus untuk menyalurkan energi listrik yang handal dengan bertumpu pada SDM yang profesional, keselamatan dan kesehatan kerja senantiasa menjadi yang utama.

“Penting bagi kami untuk patuh terhadap peraturan dan undang-undang dalam bidang K3 untuk meningkatkan kredibilitas, selain untuk memastikan keselamatan serta kesehatan setiap pekerja PLN. Kegiatan sosialisasi, inspeksi dan simulasi secara konsisten dilaksanakan dalam tujuan membanguan budaya sadar K3,” ujarnya.

BACA JUGA : Sukses Dongkrak Konsumsi Listrik, PLN Cetak Pendapatan Rp 204,65 Triliun hingga Kuartal III 2021

Sufrinaldi juga menjelaskan, PLN Batam meningkatkan pemantauan terhadap kualitas dan implementasi sistem dan prosedur K3 dalam proyek-proyek, termasuk oleh anak perusahaan, dengan sasaran membentuk budaya sadar risiko K3 dan capaian zero accident sepanjang masa operasional.

“Mewakili perusahaan, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung komitmen Zero Accident PLN Batam untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman. Semoga apa yang sudah kami capai dapat dipertahankan secara berkelanjutan. Bersama dengan ini kami juga mengucapkan selamat kepada anak perusahaan PT PLN Batam, yaitu PT Perusahaan Energi Batam (PEB) atas Penghargaan SMK3 dengan Hasil Pencapaian 95,18%, sebuah pencapaian yang luar biasa,” tutup Sufrinaldi.

PT PLN Batam selalu berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat, selamat, aman, dan ramah lingkungan di seluruh wilayah pengelolaan usaha perusahaan. Hal ini demi menjamin keselamatan pekerja, aset perusahaan, lingkungan, maupun mitra kerja PGN.

Selain itu PLN Batam juga memiliki divisi atau direktorat HSE untuk pengelolaan K3 pada tingkat operasional yang melekat pada satuan kerja. Dengan demikian, diharapkan bahwa kebijakan strategis, implementasi serta kegiatan K3 dapat dilaksanakan dengan baik secara menyeluruh, baik pada setiap pekerja maupun mitra kerja. (adv)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin