Home Kepulauan Riau Batam

PKK Batam Bagi 12 Ribu Masker untuk Warga, Tiap Kecamatan Seribu

55
PKK Bagi Masker
Pembagian masker di Sekupang. Ketua TP PKK Sekupang Diliana Srigarini didampingi Camat Sekupang M Arman memasangkan masker kepada seorang pengendara roda dua, Senin (17/8/20). F: Istimewa

Barakata.id- PKK Batam bagi 12 ribu masker untuk warga. Setiap Tim Penggerak PKK Kecamatan mendapatkan jatah seribu masker. Setelah itu masing-masing TP PKK Kecamatan membagikannya kepada masyarakat di kecamatan masing-masing.

Di Kecamatan Sekupang, masker itu dibagikan langsung usai upacara peringatan kemerdekaan di Dataran Engku Putri. Ada dua titik yang menjadi lokasi pembagian.

“Kami membagikan masker ini di lampu merah Sei Harapan dan di Tiban Indah,” kata Camat Sekupang M Arman, Senin (17/8/20) siang.

Baca Juga:
5 Tips Aman dan Nyaman Gunakan Masker di Cuaca Panas

Ketua TP PKK Kecamatan Sekupang, Diliana Srigarini mengatakan selain pembagian masker, pihaknya juga melakukan sosialiasasi ke masyarakat terkait pentingnya menggunakan masker di kala pandemi ini.

“Kami imbau untuk selalu mentaati protokol kesehatan seperti menjaga jarak, wajib menggunakan masker jika bepergian diluar rumah, rutin berolah raga dan mencuci tangan,” ucapnya.

Selain itu, Diliana yang meminta masyarakat meningkatkan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Mari kita bergotong royong bersama-sama dan selalu berdoa agar covid 19 segera hilang di Kecamaatan Sekupang dan khususnya di Kota Batam yang kita cintai,” tuturnya.

Respon masyarakat atas pembagian masker ini sangat baik. Tak hanya membagikannya, Camat Sekupang dan Ketua TP PKK Kecamatan Sekupang juga memasangkan masker ke masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Salah seorang warga Sekupang, Arya mengaku cukup gembira dengan pembagian masker ini. Karena stok maskernya di rumah, sudah mulai habis. Ia berharap pembagian masker ini tidak sekali ini saja. Tapi dilakukan dalam beberapa periode. Sehingga dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki masker.

“Selain masker, mungkin bisa memberikan bantuan berupa face shield atau hand sanitizer,” kata dia.

Gerakan bagi masker (Gebrak) ini merupakan program TP PKK Nasional. Usai upacara peringatan kemerdekaan di Engku Putri, TP PKK Kota Batam Marlin Agustina membagikan 12 ribu masker kepada TP PKK di 12 kecamatan. Masing-masing kecamatan mendapatkan jatah seribu.

“Masker ini untuk dibagi-bagikan langsung ke masyarakat,” kata Marlin di Batam Centre.

Selain membagikan masker, kader PKK juga diharapkan mensosialisasikan kewajiban penggunaan masker di masa adaptasi kebiasaan baru. Sosialisasi ini dimulai dengan mengingatkan anggota keluarga masing-masing. Tak hanya mengenakan masker tapi juga jaga jarak dan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Mudah-mudahan program ini berhasil,” harap Marlin.

Baca Juga:
Ternyata Anak di Bawah 2 Tahun Tak Cocok Pakai Masker

Pembagian masker ini dilakukan sesuai arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Arahan mengenai pelaksanaan program Gebrak disampaikan Mendagri dalam rapat melalui video conference, pekan lalu. Rapat ini diikuti TP PKK Pusat dan TP PKK se-Indonesia.

Ketua TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian dalam pemaparannya di rapat virtual tersebut menjelaskan pembagian masker ini bertujuan agar masyarakat disiplin menggunakan masker saat beraktivitas.

“Supaya masyarakat tak bisa beralasan lagi, tak pakai masker karena tak punya. Setelah kita membagikan masker, baru kita bisa sosialisasikan tentang kedisiplinan memakai masker ini,” tutur istri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian tersebut.

****

Penulis: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin