Home Kepulauan Riau Batam

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Tiba di Tanjungpinang Hari Ini, Apa Tugasnya?

47
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar
Pjs Gubernur Kepri Bahtiar bersama Sekda Kepri TS Arif Fadillah usai pelantikan di Jakarta, Jumat (25/9/20). (F: barakata.id/Humas Pemprov Kepri)

Barakata.id, Batam – Posisi Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) resmi dijabat oleh Bahtiar. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian di Jakarta, Jumat (25/9/20).

Bahtiar akan menjabat selama Gubernur Kepri Isdianto cuti untuk mengikuti Pemilihan Gubernur Kepri pada Pilkada 2020.

Hari ini, Sabtu (26/9/20) ini, Bahtiar dijadwalkan bergerak dari Jakarta menuju Kota Tanjungpinang. Setibanya di Ibu Kota Provinsi Kepri itu, Bahtiar akan disambut dengan prosesi adat. Termasuk penyematan tanjak oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri.

“Berbagai agenda kerja sudah menanti Pak Pjs Gubernur, jadi memang akan langsung bekerja,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah yang ikut hadir di acara pelantikan di Jakarta.

Apa tugas Bahtiar sebagai Pjs Gubernur Kepri?

Menurut Arif, saat acara pelantikan, Mendagri memberi pesan khusus kepada Bahtiar dalam menjalankan tugasnya di Kepri.

Baca Juga :

Pertama, Bahtiar harus mampu membantu dan menjaga pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 di Kepri berjalan sukses, aman dan damai. Kedua, Bahtiar harus ikut aktif membantu penanganan masalah kesehatan masyarakat Kepri di masa pandemi Covid-19.

“Ini satu paket, bagaimana supaya pilkada berjalan sukses dan juga sehat, aman dari penularan Covid-19,” kata Arif.

Arif mengatakan, kedatangannya ke Jakarta untuk menghadiri penyerahan Surat Keputusan Penunjukan Pjs Gubernur Kepri di Kantor Kemendagri. Turut hadir bersamanya adalah Asisten Administasi Umum, Muhammad Hasbi.

Ia mengatakan, selain menyerahkan SK Pjs Gubernur Kepri, Mendagri Tito pada kesempatan itu juga sudah menetapkan Pjs Wali Kota Batam, Bupati Bintan, Bupati Karimun, dan Bupati Lingga.

Selain Pilgub Kepri, keempat daerah itu memang ikut menggelar Pilkada untuk pemilihan wali kota dan bupati dimana petahana ikut kembali bertarung memperebutkan kursi kepala daerah.

“Untuk Pjs Wali Kota Batam, Bupati Bintan, Bupati Karimun, dan Bupati Lingga tinggal menunggu diumumkan saja. Rencananya besok (hari ini),” kata Arif.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin